Duh…! Lebaran Jalur Alternatif Tegal-Purwokerto Rusak

0
93
Jalan Alternatif Rusak

BERITA BREBES – Jelang arus mudik dan balik lebaran 2017 tahun ini, kondisi sejumlah jalur alternatif Kutamendala-Linggapura, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, hingga saat ini masih dalam kondisi rusak. Padahal jalur tersebut menjadi andalan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di perlintasan KA Karangsawah, jalur utama Tegal-Purwokerto.

Pantauan Beritaekspres.com di ruas jalan sepanjang 6,5 kilometer ini, sejumlah titik jalan berlubang mulai dari Kantor Desa Kutamendala hingga wilayah Desa Purwodadi, masih dalam tahap pemadatan. Kondisi kerusakan parah tampak pada ruas jalan wilayah Linggapura hingga Kantor Kecamatan Tonjong, sebagai pintu masuk jalur alternatif dari arah selatan.

“Kondisi jalan masih banyak yang berlubang. Perbaikan yang dilakukan kemungkinan besar tidak selesai saat arus mudik Lebaran ini,” ungkap Zaenal Asikin, Kades Linggapura kepada Beritaekspres.com, Senin (19/6/2017).

Sebelumnya, dalam rakor yang sempat digelar lintas instansi sebagai persiapan musim mudik lebaran, perbaikan jalan akan secepatnya dilakukan dan selesai sebelum pelaksanaan musim mudik.

“Tapi jika melihat kondisi yang ada sekarang ini, sepertinya belum akan segera selesai. Hal ini tentu akan menjadi kendala, khususnya saat jalur alternatif dipergunakan,” jelasnya.

Ruas jalan Kabupaten Kutamendala-Linggapura, kerap menjadi jalur alternatif disaat terjadi kemacetan dijalur utama. Seperti halnya saat terjadi bencana alam ditanjakan Ciregol, maupun saat dilakukan penutupan jalan utama untuk dilakukan perbaikan beberapa waktu lalu.

“Kerusakan semakin parah saat musim hujan, sementara intensitas kendaraan besar yang melintas semakin tinggi. Kita berharap perbaikan bisa secepatnya diselesaikan. Karena selain pemudik, warga juga sangat membutuhkan jalur ini,” harap Kades.

Sementara itu, Kepala UPT DPU wilayah Bumiayu, Suharto menyampaikan, perbaikan di ruas jalan alternatif tersebut dilakukan oleh PPK Bina Marga Jateng. Hal itu dilakukan sebagai konsekuensi penggunaan, sebagai jalur alternatif.

“Sudah mulai dilakukan perbaikan, sekitar 4 kilometer dari total panjang jalur alternatif 6,5 kilometer,” katanya.

Perbaikan sendiri sambungnya, dilaksanakan oleh Satker Bina Marga PPK 09 Slawi-Ajibarang-Wangon, hal itu sebagai konsekuensi penggunaan jalan Kabupaten sebagai jalur alternatif dari jalan utama Tegal-Purwokerto.

“Ruas jalan ini diprioritaskan menjelang arus mudik dan balik Lebaran. Sehingga saatnya nanti, jalur alternatif sudah ready digunakan para pemudik,” paparnya.

Kerusakan jalan terjadi pada ruas antara Desa Kutamendala hingga Desa Karangjati serta Linggapura hingga Karangjongkeng. Selain lapisan aspal yang telah terkelupas, beberapa titik jalan juga mengalami amblas. (Boy Rasta)

Biro Tegal