Pasca Mudik, Polisi Siapkan Mobil Derek di Tol Pejagan-Pemalang

0
310
Ilustrasi

BERITA TEGAL – Puncak arus mudik Lebaran 2017 tahun ini diprediksi akan terjadi pada H-3 lebaran atau Jumat (23/6) mendatang. Antisipasi terus dilakukan jajaran Satlantas Polres Tegal terutama bagi pemudik asal ibukota yang akan mencoba melintasi jalur lintasan Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV yang ada di wilayah hukumnya.

Kepolres AKBP Heru Sutopo melalui Kasat Lantas AKP Yoppy Anggi Krisna menyatakan, dari data kalkulasinya, puncak mudik terjadi pada 23 Juni 2017 sesuai ketentuan kalender yang telah ditetapkan sebagai awal cuti bersama Idul Fitri.

“Kami berharap pemudik tidak terfokus melakukan mudik di tanggal tersebut untuk mengurangi kemacetan baik di ruas pintu masuk tol dan jalur di luar tol,” terangnya kepada Beritaekspres.com, Senin (19/6/2017).

Pihaknya mengatakan, upaya penyempurnaan sarana pendukung mudik di jalur tol hingga kini terus dilakukan.

“Sesuai rencana awal, disepanjang jalur Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 yang masuk di dalam wilayah hukum Polres Tegal positif didirikan lima pos,” kata dia.

Pos tersebut diantaranya di Ujungrusi dan Warureja yang dipusatkan di Desa Kendayakan. Sarana pendukung di dua rest area terus dilakukan mulai dari penyediaan bengkel, layanan kesehatan, kafe, dan musala serta tempat peristirahatan dan WC umum.

“Selain itu kami siapkan mobil derek untuk mempermudah evakuasi bila terjadi insiden di lintasan tol,” jelasnya.

Tiga pos lainnya juga disempurnakan di pintu exit tol darurat di Ujungrusi, Balamoa, dan Warureja. Dan untuk mengantisipasi kebutuhan BBM bagi pemudik yang melintasi tol fungsional seksi III dan IV, pihaknya sudah bekerjasama dengan Pertamina untuk menyiapkan BBM layanan mobile dengan kemasan kaleng.

“Saat ini jumlah lampu penerangan juga diperbanyak untuk mendukung kenyamanan pemudik yang melintas di malam hari,” ujarnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal