Anggota DPR-RI Hari Kartana Sosialisasi Empat Pilar ke SMK

0
98
Hari Kartana

BERITA BEKASI – Anggota Fraksi Demokrat DPR-RI, Hari Kartana melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di SMK Bina Jaya Prestasi, Mangun Jaya, Tambun Selatan, Selasa (25/7/2017) kemarin.

Acara kegiatan sosialisasi yang diikuti ratusan siswa tersebut menyampaikan pentingnya menanamkan nilai 4 pilar bagi kalangan siswa khususnya generasi muda.

“Saat ini kita berada pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Banyak tantangan yang dihadapi generasi muda kita makanya perlu pembekalan semangat integrasi melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan memahami nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan, generasi muda dan terutama kalangan siswa tidak akan terpengaruh pola hidup yang negatif seperti narkoba.

“Melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, saya berharap para siswa lebih aktif pada kegiatan positif dan tidak terpengaruh godaan narkoba,” ujarnya 

Ia menyayangkan, nilai-nilai 4 pilar yang semestinya menjadi benteng kedaulatan dan keutuhan untuk generasi mendatang saat ini sudah mulai lemah. Terbukti banyak generasi bangsa (pelajar) sangat minim memahami nilai-nilai 4 pilar tersebut.

“Banyak pelajar sudah tidak lagi memahami bahkan mengenal  4 pilar kebangsaan seperti Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika. Banyak dari mereka bahkan sudah tidak hafal lagi sila-sila dalam pancasila. Tentu ini menjadi perhatian kami sebagai Wakil Rakyat. karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” katanya.

Kurangnya materi kebangsaan di dunia pendidikan formal merupakan salah satu yang membuat lemahnya pemahaman terhadap pelajar. Karena itu sengaja dirinya mengundang para pelajar di dalam sosialisasi 4 pilar, agar mereka dapat mengenal apa saja nilai-nilai luhur yang telah bangsa Indonesia miliki melalui 4 pilar kebangsaan.

Apalagi lanjutnya, di era globalisasi dimana setiap bangsa bebas keluar masuk suatu negara sehingga akan banyak nilai-nilai dan kebudayaan asing yang masuk ke dalam bangsa Indonesia.

“Karena pelajaran 4 pilar sudah tidak lagi diajarkan di sekolah-sekolah, maka kami merasa perlu untuk mengenalkan kembali pelajaran-pelajaran dahulu diajarakan melalui sosialisasi 4 pilar, seperti nilai-nilai luhur terkandung dalam undang-undang dasar,” ungkapnya.

Sementara, Ika salah satu siswa menuturkan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.” Banyak ilmu yang saya dapat dari sosialisasi empat pilar ini. Sangat bermanfaat bagi kehidupan dan bernegara hususnya bagi pemuda,” pungkasnya (Gilang)