Kunker, Komisi II DPR Mediasi Sengketa Lahan Pelabuhan Bojonegara

0
67
Anggota DPR-RI Kunker ke Banten

BERITA BANTEN – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses masa persidangan V Tahun Sidang 2016-2017 ke Provinsi Banten, Senin (31/7/2017) kemarin.

Rombongan Komisi II DPR-RI, yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II, Ahmad Riza Patria, diterima langsung Gubernur Banten Wahidin Halim, di Pendopo Kantor Gubernur Banten, Kota Serang.

Dalam sambutannya, Riza Patria mengatakan kunjungan ke Banten dilakukan untuk berdialog langsung dengan Pemerintah Daerah (Pemda). 

“Ada beberapa masalah, misalnya terkait dengan pekerja honorer K-1 dan K-2 dilingkungan Pemprov Banten, sengketa lahan di daerah Pelabuhan Bojonegara, Serang, realisasi pelaksanaan e-KTP, serta persiapan Pilkada di 4 Kabupaten dan Kota di Banten,” kata Riza.

Sementara itu, terkait pertanyaan anggota komisi II mengenai target kinerja Pemerintah Provinsi Banten, Gubernur Banten mengatakan, saat ini dirinya fokus pada reformasi birokrasi, pembangunan budaya dan mindset. “Saya pacu kinerjanya agar mereka bisa menghasilkan output bagi masyarakat,” ungkapnya.

Seusai melakukan pertemuan dengan Gubernur Banten dan jajaran SKPD, Rombongan Komisi II meninjau langsung lahan yang menjadi sengketa antara warga dan perusahaan di daerah Bojonegara, Banten.

Pada sore harinya, Komisi II melakukan pertemuan dengan Badan Pertanahan Provinsi Banten dan Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi Banten di Kantor Badan Pertanahan Provinsi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Pertemuan ini dilakukan dalam bentuk mediasi dengan mendatangkan perwakilan warga yang mempunyai masalah sengketa lahan di daerah Bojonegara dan Tangerang Selatan.

Anggota DPR-RI yang hadir dalam kunjungan kerja diantaranya Lukman Edi (PKB) Rufinus Hotmaulana Hutauruk (Hanura), Dadang S Muchtar (Golkar), Rambe Kamarul Zaman (Golkar), Tamanuri (Nasdem), Henry Yosodiningrat (PDIP) Sedangkan dari mitra kerja Komisi II DPR yang mengikuti kegiatan Kunker Komisi II DPR RI antara lain yaitu Kardwiyana Ukar dari Sekretariat Kabinet RI dan Dadan Suparjo dari Ombudsman RI. (DAN/DNS/ES)