Waduh….! Harga Garam di Pantura Tembus Rp12 Ribu 

0
95
Ilustrasi

BERITA TEGAL – Harga garam konsumsi di Kota Tegal, Jawa Tengah terus melambung tinggi. Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM Perdagangan) mencatat, saat ini, harga garam konsumsi berjenis bata sudah mencapai Rp12 ribu per bungkus, atau naik Rp8 ribu per bungkus dari harga sebelumnya yang hanya Rp4 ribu.

Namun demikian meski harga garam terus naik, dinas memastikan belum terjadi kelangkaan garam di Kota Tegal. Persediaan masih mencukupi untuk beberapa waktu ke depan.

Produksi garam tergantung cuaca. Untuk mengatasi persoalan ini, Kementerian berencana melakukan impor hanya untuk persediaan Agustus ini. Sebab, pada September mendatang dijadwalkan akan dilakukan panen raya garam, apabila didukung oleh musim.

Dengan banyaknya garam yang diproduksi, diharapkan dapat menormalkan harga di pasaran. Kota Tegal sendiri bukan merupakan produsen garam.

Garam yang ada di pasaran, dipasok dari luar daerah seperti Cirebon, Pati, dan Rembang. Saat ini, dinas sedang gencar mensosialisasikan garam beryodium.

Masyarakat diimbau bisa memeriksa label komposisi garam beryodium saat membeli dan tidak terpengaruh merek. Yang terpenting diperhatikan, adalah kandungan yodium dalam garam tersebut harus memenuhi syarat Standar Nasional Indonesia (SNI), yakni 30-80 ppm. (Boy Rasta)

Biro Tegal