Mahasiswi Kampanye Hidup Sehat Bersama Warga Ponorogo 

0
44
Universitas Kadiri

BERITA PONOROGO – Kalangan mahasiswi Fakultas Kesehatan Universitas Kadiri yang sedang melakukan kegiatan Praktek Kuliah Lapangan atau PKL merasa prihatin atas banyaknya permasalahan kesehatan yang dihadapi warga Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Hal itulah yang mendorong para mahasiswi melakukan Survei Mawas Diri atau SMD di desa tersebut, selama satu bulan ini mengadakan PKL di Desa Bancar.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu tugas kampus untuk melihat sejauh mana permasalahan kesehatan yang dihadapi warga Desa Bancar,” terang Tursini selaku Dosen Pembimbing dari Universitas Kadiri saat diadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Program Study Bidan Pendidik (D4) Minat Komunitas Fakultas Kesehatan Universitas Kadiri di Gedung Serbaguna Desa Bancar, Jum’at (11/8/2017).

Tanpak hadir dalam acara itu, Kepala Desa dan Perangkat Desa Bancar, tokoh masyarakat, para kader Posyandu Desa Bancar, Bidan Desa serta wakil dari Puskesmas Bungkal serta para mahasiswi yang sedang mengikuti PKL di Desa Bancar.

Kepala Desa Bancar, Pamuji menyampaikan terimakasih karena desa yang dia pimpin dipercaya oleh Universitas Kadiri sebagai tempat PKL. “Kami mewakili Pemdes dan Masyarakat Desa Bancar juga minta maaf jika ada hal-hal y yang kurang berkenan bagi para mahasiswi,” tutur Pamuji.

Dalam kegiatan itu dipaparkan juga hasil Survei Mawas Diri (SMD) yang dilakukan para mahasiswi selama di Desa Bancar. Permasalahan yang dijumpai di masyarakat Bancar antara lain banyaknya warga yang belum memiliki BPJS, tingginya kebiasaan merokok. 

Selain itu, anggota karang taruna di Desa Bancar belum pernah mendapat penyuluhan terkait reproduksi, bahaya merokok, NAPZA dan PMS. Selain itu banyak ibu hamil belum melaksanakan penempelan stiker dan ANC terpadu. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo