Akibat Kemarau Target Swasembada Padi di Brebes Meleset

0
117
Ilustrasi Sawah Petani

BERITA BREBES – Musim kemarau yang tengah berlangsung saat ini mempengaruhi target swasembada pangan dari tanaman padi di Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Akibat kemarau ini Target luasan lahan yang bisa ditanami tidak bisa tercapai.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Madyo Raharjo mengatakan, target swasembada pangan untuk tanaman padi diharapkan terealisasi dari lahan pertanian seluas 9.000 hektare. Namun saat ini hanya bisa terealisasi seluas 6.300 hektare.

“Target swasembada pangan dari pemerintah pusat 9.000 hektare tanaman padi. Tetapi karena kondisi musim kemarau yang terealisasi hanya 6.300 hektare,” terangnya kepada Beritaekspres.com, Rabu (13/9/2017).

Dijelaskannya, lahan pertanian tanaman padi tersebut mayoritas tersebar di wilayah Brebes Selatan. Sebagian di antaranya ada yang sudah mulai memasuki panen.

“Kita andalkan di wilayah selatan karena di sana kebutuhan air untuk pengairan masih bisa tercukupi sehingga masih bisa tanam padi,” katanya.

Realisasi tambahnya, pencapaian target tersebut terbilang baik karena kondisi musim kemarau yang berlangsung saat ini tidak memungkinkan seluruh lahan ditanami padi.

Utamanya untuk lahan pertanian di wilayah Brebes bagian utara yang dilanda kekeringan karena menyusutnya debit air waduk.

“Kalau dipaksakan sesuai target justru bisa gagal panen karena kekurangan air,” katanya. (Boy Rasta)

Biro Tegal