Ribuan Bangli di Bantaran Sungai Brebes Bakal Dibongkar Paksa

0
82
Bangunan Liar Bantaran Kali

BERITA BREBES – Setiap tahun jumlah bangunan liar (bangli) yang berdiri di sekitar daerah saluran sungai (DAS) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus meningkat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes mencatat sudah mencapai 1.229 unit. Jumlah tersebut diperkirakan masih tertambah.

“Kita akan tertibkan bangunan liar yang berdiri di atas atau di sekitar saluran irigasi,” terang Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (PSDAPR) Kabupaten Brebes Agus Asy’ari kepada Beritaekspres.com, Rabu (13/9/2017).

Agus mengemukakan, dari data di sembilan Kecamatan, bangunan liar mencapai 1.229 unit. Di antaranya, berada di wilayah Kecamatan Bulakamba ada 273 bangunan, Larangan 341 bangunan, Ketanggungan 102 bangunan, Kersana 30 bangunan, Jatibarang 139 bangunan, Brebes 114 bangunan, Tanjung 27 bangunan, Wanasari 101 bangunan dan Kecamatan Songgom 102 bangunan.

“Yang terbanyak bangunan liarnya yakni di Kecamatan Larangan. Dan kita sudah mulai melakukan sosialisasi penertiban tersebut,” katanya.

Bangunan yang ada di daerah irigasi selain tidak berizin kondisinya bisa sangat berbahaya jika musim penghujan tiba. Bangunan tersebut, kata dia, selain rawan longsor juga menghambat aliran air yang ada di sekitar aliran irigasi yang ditempatinya.

“Jumlah yang ada saat ini merupakan hasil pendataan kami di lapangan. Kebanyakan bangunan ada yang semi permanen dan ada juga yang permanen, semuanya tidak berizin,” jelasnya.

Agus menambahkan, dalam penertiban nanti semua bangunan yang menempati di sepanjang aliran sungai tidak mendapatkan ganti rugi. Karenanya, untuk mengantisipasi kericuhan saat penertiban nanti, pihaknya telah bekerjasama dengan kepolisian, TNI serta kecamatan dan desa untuk melakukan sosialisasi terkait rencana penertiban tersebut.

“Kita telah menggandeng desa, kecamatan, kepolisian dan TNI dalam mensosialisasikan rencana penertiban ini. Harapannya semuanya bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Khusus untuk wilayah Kecamatan Jatibarang, seluruh bangunan yang ada di sekitar daerah irigasi akan dipindahkan ke arel Janegara. Dengan kata lain, pemerintah telah menyediakan tempat untuk menampung masyarakat yang memiliki bangunan di area irigasi.

“Nanti semua bangunan yang berada disekitar daerah irigasi di Kecamatan Jatibarang rencananya akan dipindhakan ke area yang ada di Janegara,” katanya.

Perwakilan dari BBWS Semarang Agnes Yustika Rini mengungkapkan pembersihan bangunan liar yang ada di sekitar sungai merupakan agenda rutin pihaknya. Karenanya, diharapkan akhir tahun ini semua bangunan liar yang ada di Kabupaten Brebes di sekitar area sungai bisa ditertibkan.

“Memang setiap tahunnya ada penertiban bangunan yang ada disekitar sungai. Akhir tahun diharapkan penertiban tersebut bisa selesai,” pungkasnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal