Pariwisata Pacitan Diharapkan Menjadi ‘Bali’ Baru di Indonesia

0
83
Edhie Baskoro Yudhoyono

BERITA PACITAN – Anggota Komisi 10 DPR-RI asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) membuka acara Pelatihan Berbasis Kompetensi bidang Homestay di Hotel Permata Kabupaten Pacitan, Senin (18/9/2017).

Pada kesempatan itu, Ibas sapaan akrab Edhie Baskoro menjelaskan, kemajuan dari sektor pariwisata sebagai primadona andalan penyumbang devisa negara dapat terwujud dengan dukungan seluruh pihak. 

“Pacitan Paradise of Java punya peluang yang besar menjadi “Bali” baru bagi wisman baik domestik maupun mancanegara. Saya mengatakan ini karena saya sudah merasakan secara langsung keindahan pantai-pantai Pacitan yang masih belum terekspose maksimal,” terangnya.

Saya apresiasi sambungnya, upaya bersama antara Kementerian Pariwisata, Pemerintah Daerah, pelaku dan pembisnis di sektor wisata, kami sebagai wakil rakyat untuk memajukan perekonomian daerah lewat sektor pariwisata,” kata Ketua Fraksi PD DPR-RI ini saat membuka acara. 

Dijelaskan Ibas, peluang bisnis di sektor pariwisata sangat terbuka lebar. Selain itu, dukungan upaya pemerintah terhadap sektor Pariwisata juga terus meningkat. “Insyaallah, sektor pariwisata di Pacitan akan semakin maju, dan membawa multiplier effect baik dari aspek pertumbukan ekonomi, pembangunan masyarakat dan sektor lain,” tuturnya.

Penyerapan tenaga kerja, peningkatan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan bisa menjadi country branding kita. Saat Pak SBY menjabat sebagai Presiden ke-6, sektor pariwisata menjadi salah satu atensi beliau untuk dikembangkan. “Alhamdulilah, upaya beliau membangun sekror pariwisata sampai kini terus berlanjut,” imbuhnya. 

Pada kesempatan itu, Ibas mendorong agar pemerintah terus menggelontorkan program penunjang pembangunan dan pengembangan pariwisata. “Saya terus berkomitmen untuk mendorong sektor pariwisata Pacitan bisa terus berkembang dan mari kita wujudkan Pacitan sebagai salah satu destinasi wisata baru unggulan,” kata Ibas. 

Ibas juga berpesan agar sinergi dan kordinasi bersama seluruh stakeholder, pusat provinsi, kabupaten, lintas elemen dan masyarakat agar terus berlanjut dan dikembangkan karena tantangan di sektor pariwisata adalah menarik pasar sebesar-besarnya.

“Tantangan kita semua untuk bisa menarik pasar wisatawan seluas-luasnya agar bisa masuk ke Pacitan. Pasar kita sangat luas, baik wisman domestik maupun wisman asing. Alhamdulillah, sejak Pak SBY sering berkunjung, serta upaya pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Pacitan, objek-objek wisata Pacitan semakin dikenal luas,” ujar penggemar kuliner krupuk ini. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Indartato Bupati Kabupaten Pacitan, Wakil Bupati, Yudhi Sumbogo, Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono, Wisnu Bawa Tarunajaya, Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata, Dra. Endang Sujasri.

Kadin Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pacitan, Hesti Suteki Kepala Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, Perwakilan ASIDEWI Jawa Timur, Perhimpunan pengusaha hotel dan restoran Kabupaten Pacitan, Himpunan Pramuwisata Indonesia, Ronny Widya Kurniawan, Ketua Asosiasi Pelaku dan Pegiat Pariwisata Kabupaten Pacitan. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo