Dua Kota di DKI Jakarta Lolos Verifikasi Sebagai Kota Sehat

0
80
Donal Simanjuntak

BERITA JAKARTA – Dua kota di Jakarta yakni Jakarta Pusat dan Jakarta Utara lolos verifikasi dokumen Kota Sehat. Keduanya dinyatakan lolos karena dinilai telah memenuhi indikator sebagai Kota Sehat.

Ketua Tim Verifikasi Lapangan Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Donal Simanjuntak mengatakan,Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengirimkan enam wilayah untuk dinilai sebagai Kota Sehat. Namun dari enam wilayah tersebut hanya dua kota yang lolos verifikasi dokumen.

“Yang sudah kami putuskan dua kota yang dilakukan kunjungan verifikasi lapangan tahun ini. Masing-masing Jakarta Utara dan Jakarta Pusat,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/9/2017).

Ia menuturkan, dalam ajang ini, ada  sembilan indikator yang menjadi penilaian. Di antaranya tatanan sarana dan prasarana, tatanan tertib lalu lintas, tatanan pangan dan gizi, tatanan hidup sehat, tatanan sosial, serta tatanan pariwisata.

“Dua indikator lainnya yakni pertambangan dan kehutanan sehat tidak masuk di Jakarta. Jadi hanya ada tujuh saja yang di Jakarta,” ucapnya.

Menurutnya, kota yang lolos ke tahapan berikutnya minimal telah menyelenggarakan lima indikator yang ada. Penilaian ini sifatnya untuk memberikan penghargaan kepada pemerintah yang telah menyelenggarakan Kota Sehat.

“Jadi diharapkan nanti manfaatnya masyarakat mendapatkan hidup yang layak,” tandasnya. (BJ/Erna Martiyanti)