Penyidik KPK Yakin Hilman Tahu Banyak Soal Setya Novanto

0
14
Hilman Mattauch

BERITA JAKARTA – Hilman Mattauch, mantan wartawan kontributor TV swasta berjalan keluar dari Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta usai menjalani pemeriksaan penyidik KPK, Senin (11/12/2017) kemarin.

Dikonfirmasi soal pemeriksaan Hilman, Laode M Syarif mengatakan, pemeriksaan dilakukan karena penyidik meyakini Hilman mengetahui banyak hal.

“Ya penyidik ingin mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan dia. Soal banyak hal lah, apakah terkait Pak SN atau yang lain. Karena kan dia (Hilman) yang bersama terakhir dengan SN. Harusnya dia tahu banyak hal,” terang, Rabu (13/12/2017).

Ketika ditannya apakah pemeriksaan Hilman terkait dengan dugaan merintangi penyidikan karena ada dugaan Hilman menyembunyikan Setya Novanto di Apartemennya?

Laode menjawab sejauh ini di kasus dugaan korupsi e-KTP, belum ada penyidikan baru.

“Sementara ini dia dipanggil karena KPK ingin mengetahui banyak hal dari dia. Bukan (lidik baru) hanya dimintai keterangan saja‎,” ungkap Laode M Syarif.

Sebelumnya Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan pemeriksaan pada Hilman dilakukan guna‎ mendalami proses hilangnya Setya Novanto pada Rabu 15 November 2017

Dimulai saat penyidik KPK hendak menjemput paksa Setya Novanto di kediamannya di Kawasan Wijaya, Jakarta Selatan hingga terjadi kecelakaan menabrak tiang listrik.

“Informasi yang saya dapatkan (pemeriksaan Hilman) itu mendalami terkait peristiwa yang terjadi belakangan, sekitar bulan November,” terang Febri, Selasa (12/12/2017).

Febri menjelaskan, tim penyidik ingin mengetahui proses hilangnya Setya Novanto hingga diterbitkan surat daftar pencarian orang (DPO) oleh KPK. Bahkan, KPK meminta bantuan Polri untuk menangkap Setya Novanto. (Steve)