LAZIZ PT. PLN Pusmankon Bersama IZI Jateng Gelar Khitanan Masal

0
110
LAZIZ PT. PLN Pusmankon Bersama IZI Jateng Gelar Khitanan Masal

BERITA SEMARANG – LAZIZ PT. PLN Pusat Managemen Konstruksi (Pusmankon) Jateng bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakian Jateng menyelenggarakan khitan masal yang dilaksanakan di Kantor PT. PLN Pusmankon Jalan Slamet No.1 Gajahmungkur Semarang, Kamis (21/12/2017).

Pada kegiatan aksi sosial khitan masal tersebut, panitia menarget 100 anak yang mengikuti khitan masal untuk wilayah Semarang dan sekitarnya, walaupun pada pelaksanaannya, peserta khitan melebihi target.

“Kegiatan sosial ini merupakan bagian dari penyaluran zakat seluruh karyawan PT. PLN Pusmankon yang diselenggarakan rutin setiap tahun dan sudah berjalan selama tiga tahun,” tutur Dewan Pembina Syariah LAZIZ PT. PLN Pusmankon Jawa Tengah, Wahyudi kepada awak media.

Selain khitan masal, pihaknya juga mempunyai program lain diantaranya pelatihan masjid, program pusat kesehatan masjid, guru TPQ, santunan yatim dan duhafa, serta sekolah juara.

Dikatakannya, zakat yang sudah disalurkan LAZIZ dari tahun ke tahun terus meningkat, dimana tahun 2016 yang sudah tersalurkan sebesar Rp 145 milyar seluruh Indonesia. “Pada tahun ini per November 2017 meningkat menjadi Rp 172 milyar,” ujarnya.

Menurutnya, pengumpulan zakat tersebut dihimpun dari hasil penyisihan penghasilan seluruh karyawan muslim PT. PLN Pusmankon  yang setiap bulannya dipotong 2,5 persen.

Uang zakat sendiri dibagi kedalam lima program sesuai dari instruksi LAZIS PT PLN, dimana persentasenya bervariasi, yang paling besar di bidang dakwah dan paling kecil bidang kesehatan.

“Kami berharap di tahun 2020 LAZIZ PT. PLN dapat menjadi lembaga sosial terbaik dari seluruh BUMN yang ada di Indonesia,” pungkasnya. (Nining)

Biro Semarang