Kumuh, Warga Desa Tampo Banyuwangi Grebek Kandang Ayam

0
190

BERITA CLURING – Masyarakat Dusun Krajan Desa Tampo serentak datangi kandang ayam, mereka menginginkan kandang tersebut ditutup karena berdampak kepada lingkungan disebabkan banyaknya lalat masuk rumah warga, Senin (1/1/2018).

Lahan kandang tersebut berlokasi disawah timur kampung sejauh 500 meter dari pemukiman, kandang tersebut berkapasitas 5.000 ekor ayam dengan lahan seluas kurang lebih 2.000 meter.

Saat didatangi warga kandang tersebut kosong sudah tidak ada ayam karena baru saja dipanen, dilokasi warga tidak mendapati orang sama sekali. Puluhan warga datang bermaksud ingin memberitahu kepada pemiliknya agar menutup usahanya.

Warga yang datang hanya melihat kandang, ternyata benar lalat memenuhi sekitar kandang, warga datang dengan tertib dan tidak melakukan perbuatan anarkis, selang waktu tidak begitu lama datanglah Kepala Dusun Krajan Tampo Muh. Anwar.

“Ternyata lalat yang banyak bertebaran dirumah warga bersumber dari kandang ayam yang bukan orang sini,” jelas salah seorang warga, Unik Saputra.

Kami berharap katanya, kepada pemerintah desa agar menutup kandang ayam yang diduga tidak berijin. “Kalau nantinya masih saja kandang itu aktif kita warga akan menutup sendiri dengan cara kita,” ancamnya.

Ditambahkannya, lalat ini biang dari pada penyakit. “Saya tidak ingin warga kampung sini diserang penyakit karena lalat yang banyak masuk kerumah warga,” tambahnya.

Sementara Kepala Dusun, Muh. Anwar membenarkan adanya lalat serang warga saat dilokasi menjelaskan, memang benar lalat – lalat yang ada diperkampunga bersumber dari kandang ayam. “Saya melihat sendiri tempatnya jorok dan ribuan lalat beterbaran,” ungkapnya.

Besok tambahnya, dirinya akan memanggil pemilik kandang ayam ke kantor desa beserta warga untuk menyelesaikan permasalahan. “Besok kita akan panggil pemilik kandang agar persoalan ini bisa selesai,” pungkasnya. (Rony)