Walikota Bekasi Panen Raya Bersama Unsur Tiga Pilar Kecamatan

0
107

BERITA BEKASI – Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan unsur tiga pilar Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi melakukan panen raya bersama di Jalan Mawar Satu, Kali Baru, Kecamatan Medan Satria Kota di atas lahan seluas 1,5 hektar, Minggu (4/2/2018) kemarin.

Hadir mendampingi, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Momom Sulaiman, Camat Medan Satria Taufiq R Hidayat, Kasdim 0507 Bekasi Mayor Czi Salidab Dan Ramil 01 Kranji Mayor Inf Rahmat Triono dan Tokoh Masyarkat sekitar.

Kepada Beritaekspres.com, Rahmat mengatakan, sesuai dengan penataan kota, sudah tidak ada lagi wilayah pertanian. Namun, Pememerintah Kota (Pemkot) Bekasi harus hadir di semua lini masyarakat.

“Kalo kita melihat RT/RW memang tidak ada lagi lahan pertanian, tapi banyak lahan yang tidak terpakai dan dapat di manfaatkan, diantaranya tanah Trans Studio di Jatiasih, di Bekasi Utara, Mustika Jaya dan Medan Satria,” kata Rahmat, Senin (5/2/2018).

Harusnya kita sambung Rahmat, siapkan APBD untuk mebantu bibit dan perawatanya. Karena jika warga sejahtera maka baru di katakan Pemerintahan yang berhasil.

“Jika lagan seluas 1,5 Ha dapat menghasilkan 30 ton padi maka dapat membantu pangan dari warga masyarakat Kota Bekasi di mana saat ini harga beras sedang tinggi,” jelasnya.

Rahmat pun menjanjikan agar di tahun 2019, Dinas Pertanian dan Perikanan dapat menganggarkan alokasi APBD sekitar Rp2 miliar untuk pengembangan pertanian.

“Harusnya dinas ini tanggap, membantu warganya yang saat ini memiliki usaha di bidang pertanian. Untungnya, TNI sudah melakukan itu, tapi harusnya Pemerintah dulu,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi Momon Sulaeman mengatakan, bahwa saat ini di Kota Bekasi sudah ada sekitar 350 kelompok tani yang sehari hari menggarap lahan pertanian dan pada 2019 pihaknya berjanji akan membantu petani dalam hal alat dan bibit.

“Kita akan anggarkan, bahkan saya sudah komunikasi dengan ratusan kelompok tani yang ada di Kota Bekasi.Kita akan bantu pendaan dalam pengolahan pertanian di tengah Kota,” tandasnya.

Sementara itu, Komandan Koramil 01 Kranji, Mayor Inf Rahmat Triyono mengatakan, bahwa di saat harga beras di pasaran tinggi, warga harus dapat memanfaatkan lokasi lahan yang ada. Dan pihaknya siap membantu masyarakat Kota Bekasi untuk swasembada pangan.

“Kita siap membantu menyiapkan lahan, bibit dan alat pertanian bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi,” pungkasnya. (Adv/Gie)