Tanpa Pengeras Suara, Pelayanan MPP Kota Bekasi Semerawut

0
141
Warga Pengantri di MPP

BERITA BEKASI – Seminggu setelah dibuka, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bekasi yang bertempat di Mal Bekasi Junction bekas Pasar Proyek Jalan Ir. H. Juanda, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, tetap menjadi rujukan bagi warga untuk mengurus beragam dokumen yang diperlukan.

Namun sayangnya, antrian ratusan warga Kota Bekasi di MPP yang mulai dibuka pukul 08.00 WIB tampak mengumpul di depan loket – loket seperti loket tes kesehatan untuk permohonan SIM, rumus sidik jari untuk pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pembayaran pajak kendaraan bermotor di pojok Samsat dan Disduk Capil.

Keramaian para warga pengurus dokumen itu dikarena kan tidak adanya pengeras suara yang memberitahukan nomor urut antrian. Warga kemudian terpaksa bergerombol mendekat, karena takut terlewatkan oleh petugas Kepolisian. Akibatnya, membuat antrian jadi semrawut.

“Sebenarnya juga karena tidak disiplin. Kalau sabar saja, mau mendengar, bisa sesuai nomor antrian. Harapannya dapat segera dipasang monitor untuk menunjukkan nomor antrian warga. Sistemnya diperbaikilah,” kata Vicky salah seorang warga asal Medan Satria kepada awak media, Senin (19/2/2018).

Hal senada pun, diungkapkan Luhur Jatmiko (21), warga asal Pondok Melati Bekasi yang datang ingin membuat SKCK untuk keperluan melamar pekerjaan.

“Padahal sudah ada nomor antrian, tapi tidak digunakan. Jadi warga mengantri dekat loket bergantian cap sidik jari lalu isi formulir. Kalau tempat nyaman di sini, tapi kalau di Polres kemarin pakai nomor urut, jadi jelas,” ungkapnya.

Suasana berbeda nampak di loket Disduk Capil. Tidak seperti saat pembukaan, kali ini layar petunjuk nomor antrian dan pengeras suara sudah dipasang. “Tadi lumayan cepat. Saya urus kartu keluarga (KK) sekitar 1 jam, saya datang pukul 8. Nyaman karena juga mengikuti nomor antrian,” imbuh, Saudi (35) warga asal Medan Satria.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meresmikan Mal Pelayanan Publik di pusat perbelanjaan Bekasi Junction pada, Senin (12/2/2018) lalu. Sistem pelayanan satu pintu itu akan melayani beragam kebutuhan warga, mulai perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), pembayaran pajak kendaraan, tilang, surat izin, hingga (SKCK).  (CR-2)