Kadiv Imigrasi Tandatangani Perjanjian LTSA-P2TKLN di Kendal

0
132
Kadiv Imigrasi Tandatangani Perjanjian LTSA-P2TKLN

BERITA KENDAL – Kepala Divisi (Kadiv) Imigrasi Kanwil Jawa Tengah, Ramli HS resmi menandatangani perjanjian kerjasama Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (LTSA-P2TKLN) Kabupaten Kendal yang dilaksanakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jalan Soekarno Hatta No.62 Kendal, Rabu (11/4/2018). 

Menurut Ramli, peresmian ini menjadi bukti hadirnya Pemerintah di tengah masyarakat dalam melindungi hak migrasi setiap warga negara khususnya bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Sebagai perlindungan kepada PMI dan anggota keluarganya baik sebelum bekerja, masa bekerja, hingga kembali ke daerah asalnya. Diharapkan upaya tersebut mampu menekan angka pekerja migran ilegal dan menjamin keselamatan dan kesejahteraan PMI,” ungkap Ramli.

Dikatakannya bahwa Imigrasi memiliki peran yang salah satunya adalah dalam pelayanan pemberian Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (Paspor). “Karena paspor merupakan suatu dokumen mutlak yang harus dimiliki setiap orang yang akan keluar masuk wilayah Indonesia,” ujar Ramli.

Hal tersebut sesuai yang diamanatkan dalam UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. “Imigrasi sangat mendukung peresmian LTSA Kabupaten Kendal karena merupakan tugas dan fungsi Imigrasi sebagai pemberian pelayanan kepada masyarakat dalam kebutuhan terhadap Paspor,” imbuhnya.

Sementara itu Imigrasi yang hadir pada LTSA Kabupaten Kendal saat ini masih proses membantu dalam pengecekan dokumen dan pendaftaran antrian online bagi calon PMI yang akan membuat paspor.

Perlu diketahui, LTSA merupakan satu dari sekian substansi penting di dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Dimana Undang-Undang tersebut mengatur pelayanan penempatan dan pelindungan PMI yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah secara terkoordinasi, terintegrasi, dan memberikan mandat kepada Pemerintah daerah untuk membentuk LTSA. (Nining)

Biro Semarang