Gapoktan Ponorogo Diminta Kembangkan Unit Usaha

0
20

BERITA PONOROGO – Ada yang berbeda yang dilakukan Gapoktan Sumber Sari Maju, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (25/4/2018) malam. Pasalnya Gapoktan tersebut melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017 bertempat di Dukuh Duwet, Desa Bancar. 

Dalam laporannya Misno selaku Ketua Gapoktan Sumber Sari Maju, tujuan RAT sebagai pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dalam menjalankan tugas selama satu tahun berjalan.

“Adapun bentuk pertanggungjawaban dituangkan dalam sebuah laporan serta  untuk mengevaluasi dan menilai kinerja selama satu tahun kerja,” papar Misno. 

Masih kata Misno hingga kini dari 5 Kelompok Tani yang ada di Desa Bancar, baru 2 yang masuk Gapoktan yaitu, Bancaran Dukuh Duwet dan Bogasari Nglodo. “Kami berharap kepada tiga kelompok yang lain segera bergabung dengan Gapoktan Sumber Sari Maju,” terang Misno.

Acara dihadiri perwakilan Poktan, RAT dihadiri perwakilan Tim Teknis PUAP Kecamatan Bungkal, Sugiarti serta Kades Bancar, Pamuji. Sedangkan Bendahara Gapoktan Sumber Sari Maju, Agus Sudarmono membacakan Laporan Keuangan Neraca Saldo Periode Januari – Desember 2017 serta Laporan Keuangan Neraca Saldo Tahun 2016 – 2017.

Dalam arahannya, Tim Tehnis PUAP Kecamatan Bungkal, Sugiarti memberi saran dan masukan terhadap terhadap Gapoktan Sumber Sari Maju.

Hal sama juga diutarajan oleh Kades Bancar, Pamuji yang mengapresiasi Gapoktan Sumber Sari Maju yang menyelenggarakan RAT tutup buku tahun 2017. “Pemdes Bancar mendorong tiga Poktan yang belum gabung segera bergabung di Gapoktan Sumber Sari Maju,” imbuh Pamuji.

Secara khusus pihaknya juga memberi kesempatan kepada Gapoktan Sumber Sari Maju bekerjasama dengan BUMDes Sumber Bancar untuk melakukan kerjasama yang mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami dari Pemdes Bancar mempersilahkan Gapoktan Sumber Sari Maju mengembangkan sayap dan usahanya, dan Pemdes Bancar siap memfasilitasi,” pungkasnya. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo