Mengurus Jabodetabek dan Jawa Barat Harus Setara

0
83
Dedi Mulyadi

BERITA BOGORCalon Wakil Gubermur Jawa Barat Nomor Urut 4, Dedi Mulyadi (Demul) menilai, ke depan Jawa Barat (Jabar) harus setara dengan DKI Jakarta dalam menata Jabodetabek. Dedi melihat sejauh ini, Jabar, khususnya kota-kota penyangga, sangat bergantung pada Jakarta. Hal itu, diutarakannya saat kampanye akbar di Kota Bogor, Sabtu (23/6/2018).

Sejauh ini, dalam menata kota-kota penyangga yang berada di wilayah Jawa Barat seperti Bogor, Depok, dan Bekasi harus ada kesetaraan.

“Kepentingan Ibu Kota, kepentingan kita semua. Jabar harus setara dan mandiri dalam menentukan kebijakan-kebijakannya,” terangnya.

Lebih jauh Demul menjelaskan, dalam menata Ibu Kota Indonesia, seharusnya tidak lagi melihat siapa yang membutuhkan dan siapa yang meminta.

Jakarta dan Jabar merupakan mitra untuk berkoordinasi dan bekerja sama. “Semuanya saling membutuhkan, Jakarta membutuhkan Jawa Barat dan sebaliknya,” katanya.

Kata dia, banyak yang perlu dikerjakan bersama. Sebagai contoh, banyak sumber daya manusia yang bekerja di Jakarta, sebaliknya banyak yang bekerja di Jakarta tetapi memilih tinggal di kota penyangga seperti Bogor, Bekasi dan Depok.

Dikatakan Dedi, pekerjaan rumah yang perlu dilakukan bersama yakni terkait tata ruang. Bagaimana, kota penyangga dapat tetap menjadi tempat tingga yang nyaman bagi yang bekerja di Jakarta. Selanjutnya, menata transportasi publik yang terintegrasi dengan wilayah kota penyangga serta Jakarta.

“Sejauh ini yang dikerjakan bersama antara Jabar dan Jakarta sudah baik. Tinggal lebih dikoordinasikan lagi, sehingga tidak lagi menunggu dan tergantung pada kebijakan DKI Jakarta,” pungkasnya. (CR-2)

 

Sumber: Beritasatu