Polres Metro Bekasi Gelar Apel Pergeseran Pengamanan TPS

0
206

BERITA BEKASI – Polres Metro Bekasi menggelar apel pergeseran pasukan di Mapolres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Senin (25/6/2018)

Apel tersebut untuk melihat kesiapan pasukan menjelang Pilkada Jawa Barat yang digelar pada Rabu (27/6/2018). Ribuan pasukan yang terlibat dalam pengamanan TPS hadir.

Pasukan dari 17 Polsek, Polres dan BKO dibagi ke dalam 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Tiap kecamatan terdapat sejumlah koordinator yang bertugas mengkoordinasi dengan polisi di tempat pemungutan suara (TPS).

Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Kumara sebagai inspektur upacara mengecek pasukan tiap kecamatan. Ia juga melontarkan pertanyaan kepada Babinkamtibmas terkait kerawanan.

Misalnya saat berada di barisan Polsek Tambun, Candra bertanya kepada salah seorang polisi bernama Aiptu Sohib tentang jumlah TPS, pemilih dan kerawanan.

“Kerawanan ada 2 TPS di Jatimulya. Itu karena ada masalah politik. Terkait pembangunan LRT, warga di sana masih menolak. Wilayah yang dimaksud Sohib berada di Kampung Jati,” katanya. 

Kemudian Candra bertanya soal bagaimana rekayasa pengamanan di status TPS rawan. Pertanyaan itu masih agak sulit dijawab sejumlah polisi.

Candra meminta anggota polisi kembali diberi pembekalan sebagai persiapan saat mereka bertugas termasuk dalam rekayasa pengamanan pada status TPS kategori rawan 1 atau 2.

Di Kabupaten Bekasi ada 3.994 TPS dari 187 desa. Total jumlah pemilih 1.845.447, 118.287 lain adalah pemilih non e-KTP.

Total personel Polres Metro Bekasi yang  diterjunkan untuk Pilkada 2018 Jawa Barat sejumlah 1.465 personel dan 880 personel Polda Metro Jaya. (De/Mul)

Biro Kabupaten Bekasi