Polisi Berhasil Ungkap 1,4 Ton Ganja Dikemas Ikan Asin

0
96
Polda Metro Jaya

BERITA JAKARTA – Subdit II Psikoptropika Dit Resnarkoba Polda Metro Jaya kembali mengungkap peredaran narkotika jenis ganja seberat 1,4 ton jaringan Aceh-Jakarta. Dari pengungkapan tersebut, 6 tersangka berhasil diamankan. Ke-6 tersangka itu, AM, SLH, MY, RND, AK dan RYD.

Wakapolda Metro Jaya  Brigjen Pol Purwadi Arianto didampingi Dirnarkoba Kombes Pol Suwondo Nainggolan dan Kasubdit II AKBP Doni Alexander, mengatakan, modus ke-6 pelaku yaitu ganja dimasukkan ke dalam kotak kemudian ditumpuk dengan limbah ikan asin.

“Artinya menghindari penciuman anjing pelacak dan jangkauan petugas. Berkat kegigihan dari tim Subdit II narkoba akhirnya berhasil menangkap 6 pelaku,” terang Purwadi di Mapolda Metro Jaya, Senin(30/7/2018).

Dijelaskan Purwadi, dari 1,4 ton narkoba jenis ganja tersebut jika beredar terhitung akan memakan korban jutaan jiwa warga Jakarta dan sekitarnya. “Ya, sekitar 1,4 juta jiwa kalau sampai beredar,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Purwadi, pihaknya, terus akan melakukan pengembangan guna untuk memutus mata rantai peredaran barang haram tersebut.

“Ini mereka dikendalikan. Maka kita akan lakukan pengembangan dengan pemeriksaan secara intensif terhadap para tersangka,” jelasnya.

Dari kejadian tersebut tambahnya, ke-6 pelaku dikenakan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman minimal 5 tahun maksimal 20 tahun penjara. “Saat ini para pelaku tengah dalam pemeriksaan,” pungkasnya. (Yon)