Petani Ponorogo Jatim Kompak Tanam Kedelai

0
20

BERITA PONOROGO – Kementerian Pertanian RI terus memperkuat produksi kedelai nasional diantaranya, melalui Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT).  

Menurut  Martwiyanti selaku Kepala  UPTD Pertanian Kecamatan Bungkal,  kegiatan  PTT merupakan pendekatan inovatif dan dinamis untuk memacu peningkatan produksi kedelai dan pendapatan petani. 

“Sekolah Lapang diharapkan menjadi motor penggerak PTT, untuk memacu produksi kedelai nasional,” kata Martwiyanti saat Rembug Tani SL PTT kedelai di Sekretariat Bancaran, Dukuh Duwet, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (16/8/2018).

Menurutnya, kegiatan itu juga untuk mendukung UPSUS kedelai kegiatan penyuluhan dan penguatan balai penyuluhan pertanian (base line) tahun 2018.

Di Kecamatan Bungkal, SL-PTT kedelai dilaksanakan cukup baik. “Pertumbuhan tanaman kedelai relatif bagus,” kata Kusharyono selaku POPT. 

Menurutnya, benih berkualitas, masih menjadi keluhan petani. “Selain itu juga pengamatan rutin untuk mengetahui keberadaan tanaman di lapangan untuk mengetahui perkembangan tanaman,” paparnya. (Muh Nurcholis) 

Biro Ponorogo