Lepas Pasukan Garuda, Presiden Jokowi: Jaga Nama Baik Bangsa

0
68

BERITA BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melepas pasukan Garuda perdamaian misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyampaikan bahwa kiprah Kontingen Garuda di berbagai misi PBB selalu diterima dan dihargai, khususnya masyarakat setempat.

“Garuda Indonesia selalu dapat berbaur dengan masyarakat sekitar, menghormati adat dan istiadat masyarakat lokal,” kata Presiden Jokowi, Jumat (31/8/2018).

Kontribusi Indonesia sambung Presiden, tidak terbantahkan. Indonesia memiliki potensi, memiliki rekam jejak, memiliki sejarah panjang. “Ini adalah kepercayaan terhadap bangsa Indonesia sekaligus amanat yang harus kita pikul dan kita tunaikan bersama,” ungkap Presiden.

Untuk itu lanjut Presiden, berpesan kepada pasukan Garuda Indonesia di seluruh dunia agar menjaga nama baik bangsa, patuhi hukum setempat, dan selalu ikuti prosedur yang berlaku.

“Pahami dan hormati budaya setempat. Tunjukkan profesionalisme, disiplin, dedikasi, dan loyalitas. Jagalah sikap dan perilaku saudara-saudara dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat dan pasukan dari negara-negara lain,” tegas Presiden.

Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada pasukan Garuda Indonesia yang telah rela berkorban dan secara profesional bertugas dalam misi PBB, meskipun jauh dari keluarga dan orang-orang yang disayangi.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi. (Fid/Agg/Es)