Walikota Medan Dukung Tawaran Kerjasama PDAM Tirtanadi Kelola Limba Tinja

0
76

BERITA MEDAN – Walikota Medan HT. Dzulmi Eldin mendukung penuh tawaran PDAM Tirtanadi untuk mengelola limbah tinja masyarakat. Melalui kerja sama yang dilakukan itu, seluruh limbah tinja masyarakat yang disedot mobil tangki akan dikelola di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT)  Cemara Jalan Perkebunan, Kelurahan Pulo Brayan, Kecamatan Medan Timur. 

Diharapkan, kerjasama dapat dilakukan secepatnya sehingga IPLT yang diresmikan Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa waktu lalu dapat dimaksimalkan.

“Pemkot Medan mendukung penuh tawaran kerjasama PDAM Tirtanadi untuk mengelola limba tinja masyarakat,” terang Dzulmi kepada Beritaekspres.com, Jumat (31/8/2018).

Sebab sambung Dzulmi, pengelolaan yang dilakukan melalui IPLT tentunya akan semakin lebih baik dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Apalagi limba tinja yang dikelola IPLT dapat dijadikan briket (bahan bakar).

Oleh karenanya itu lanjut Dzulmi, dirinya berharap agar organisasi pimpinan daerah (IPLT) terkait di lingkungan Pemkot Medan segera mempercepat  dilakukannya kerjasama dengan PDAM Tirtanadi tersebut.

Meski kerja sama belum dilakukan, Dzulmi minta kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan agar mengarahkan pembuangan seluruh limbah tinja yang disedot mobil tangki dari septitank masyarakat bisa dibuang ke IPLT. Dengan demikian kebersihan lingkungan terjaga. 

“Saya rasa Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan sudah dapat membuang seluruh limbah tinja yang disedot mobil tangki miliknya dari septitank masyarakat ke IPLT. Kita tidak mau limbah tinja dibuang di sembarang tempat. Sebab tindakan tersebut jelas dapat mencemari lingkungan,” pungkasnya. (Roy)

Biro Medan