Keberanian Era Jokowi Tindak Tegas Pelaku Karhutla Rugikan Negara

0
11

BERITA JAKARTA – Kebakaran hutan dan kabut asap yang terjadi beberapa waktu lalu di Sumatera, Kalimantan, Riau dan Wilayah Indonesia lainnya, telah mengakibatkan dampak kerugian besar bagi kehidupan masyarakat baik dampak langsung, dampak ekologis, dampak ekonomi, dampak kesehatan, dan dampak sosial. 

Kepada Beritaekspres.com, Aktifis KEMAH Indonesia, Zico Armando mengatakan, bila kebakaran hutan dibiarkan terus menerus, maka hutan di Indonesia akan musnah. Apa yang terjadi jika hutan di Indonesia musnah dimana paru-paru dunia itu adalah Indonesia.

“Kebakaran hutan dan Lahan merupakan penyebab utama dari kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia. Saat ini, tidak ada ruang untuk mereka yang mencoba melakukan kejahatan Karhutla,” katanya, Senin (17/9/2018).

Dikatakan Zico, langkah penegakan hukum dan pengawasan lapangan ditambah dengan dikelurkannya Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Karhutla, menjadi bukti keseriusan Pemerintahan Jokowi dalam upaya penanganan masalah kebakaran hutan, dimana Karhutla tahun 2018 turun menjadi 85 persen.

“Dalam penegakan hukum Karhutla, siapapun itu, pelakunya diproses. Bahkan korporasi yang di masa-masa sebelumnya tidak pernah tersentuh,” ungkapnya.

Zico menjelaskan, berdasarkan data KLHK sudah ada sekitar 500 yang tidak patuh telah di jatuhi sangsi administrasi bahkan ada puluhan korporasi yang dinilai lalai digugat secara perdata.

Selain itu juga, telah melakukan lebih dari 200 operasi penanganan satwa illegal dan illegal logging untuk mengamankan sumberdaya negara dan menjaga kelestarian ekosistem. “Termasuk didalamnya penegakan hukum untuk menjerat perusak lingkungan hidup seperti kasus Karhutla,” ulasnya.

Atas langkah-langkah tambah Zico, yang dilakukan Pemerintahan Jokowi dalam mengatasi kebakaran hutan dan melakukan tindakan tegas, Komite  Pemuda  Menjaga Hutan  Indonesia (KEMAH Indonesia) menyatakan sikap:

1.Merespon positif atas kerja keras Presiden Jokowi, Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta instansi terkait lainnya dalam menanggulangi, mengatasi kebakaran hutan dan melakukan tindakan tegas kepada mereka pelaku, Karhutla.

2.Mendukung segala upaya tindakan nyata yang dilakukan pemerintahan jokowi saat ini dan kedepannya.

3.Menyerukan seluruh elemen bangsa menjadikan mereka yang melakukan pembakaran hutan dan lahan sebagai musuh bersama.

“Pembakaran hutan adalah kejahatan luar biasa yang merugikan bangsa dan negara, sudah saatnya untuk bersatu padu menjaga hutan Indonesia,” pungkasnya. (CR-1)