Walikota Bekasi: Kini, Seluruh Pelayanan Kependudukan Bisa di 12 Kecamatan

0
58

BERITA BEKASI – Disela kesibukannya, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, menginstruksikan, mulai hari ini, Senin, 12 November 2018, seluruh produk pelayanan kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran atau Kematian dapat diproses pelayanannya di 12 Kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kepada Beritaekspres.com, Rahmat mengatakan langkah itu dilakukan untuk memperpendek jarak pelayanan dan mempermudah akses bagi warga atau masyarakat Kota Bekasi dalam mendapatkan pelayanan data kependudukan di Kota Bekasi.

“Inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat sangat penting, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang merasa dirugikan dari segi waktu dan lainnya,” kata Rahmat, Senin (12/11/2018).

Untuk emergensi sambung Rahmat, tetap membuka pelayanan di Dinas Kependudukan (Disdukcapil) Kota Bekasi. Begitu juga pelayanan sudah dapat di akses di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang ada seperti di MPP Bekasi Juction ex Pasar Pasar lama dan MPP APG Pondok Gede.

“Jadi, bagi masyarakat yang ingin mengurus data kependudukannya dapat memilih mengurusnya di Kecamatan, Dinas, maupun MPP. Semua sudah online dan terintegrasi satu sama lain, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan dalam pengurusan data kependudukannya maupun Akte Kelahiran dan Kematian,” jelasnya.

Dijelaskan Rahmat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah menugaskan satu orang petugas di Kecamatan dan Kelurahan yang disebut (PAMOR) yang langsung dapat membantu dan mengantarkan langsung document tersebut jika sudah selesai.

“Kedepan, insya Allah kita akan perluas lagi secara bertahap  pelayanan Produk Kependudukan ini di 56 Kelurahan yang ada di Kota Bekasi. Warga atau masyarakat berikan kenyamanan, jangan dipersulit,” tungkasnya.

Ditambahkan Kepala Bagian Humas Kota Bekasi, Sajekti Rubiah mengatakan, bahwa terobosan yang dilakukan Pemkot Bekasi dalam pelayanan kependudukan ini diharapkan mampu mempermudah masyarakat, sehingga tidak ada lagi keluhan warga masyarakat tentang KTP, KK maupun Akte.

”Sarana dan pra sarana dalam beberapa hari ini dialihkan dan sudah di siapkan. Jadi mulai Senin (12/11/2018) ini, pelayanan sudah mulai Running,” pungkasnya. (Adv/Edo)