Soal Andalalin, Kadishub: Itu Urusan Pusat dan DPMPTSP Kabupaten Bekasi

0
224

BERITA BEKASI – Terkait Analisa Dampak Lalu lintas (Andalalin) Apartemen Riverdale yang belokasi di Jalan Fatahillah, Desa Kalijaya, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna menyebut, bahwa itu kewenangan pusat. 

“Kita tidak mengeluarkan persetujuan Andalalin karena berada di jalur Jalan Nasional, sehingga, menjadi kewenangan Pusat dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ),” terang Yana Suyatna kepada Beritaekspres.com, Senin (26/11/2018).

Ditegaskan Yana, untuk pengurusan Andalalin ia menyarankan kepada awak media untuk bertanya ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). “Silahkan tanyakan hal itu ke DPMPTSP Kabupaten Bekasi,” ulasnya mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Apartemen Riverdale yang berlokasi di Jalan Fatahillah, Desa Kalijaya, Kecamatan Cikarang Barat, mulai menuai protes warga dan sejumlah pengguna jalan umum lainnya. 

Yana Suyatna

“Ruas jalan ini menjadi titik kemacetan yang sangat parah setiap hari. Lha, kalau nanti ada Apartemen, apa tidak jadi tambah parah,” ucap Joeyana, salah satu masyarakat pengguna Jalan. 

Sekedar mengetahui, Andalalin merupakan studi atau kajian mengenai dampak lalu lintas dari suatu kegiatan dan/atau usaha tertentu yang hasilnya dituangkan dalam bentuk dokumen Andalalin atau perencanaan pengaturan Lalu Lintas.

Mengingat, setiap perubahan guna lahan akan mengakibatkan perubahan di dalam sistem transportasi yang dibuat oleh tim konsultan yang sudah bersertifikasi, lalu setujui oleh Pemerintah (De/Mul)

Biro Kabupaten Bekasi