Kadis Perdagangan Kabupaten Bekasi Dukung Penataan PKL

0
87

BERITA BEKASI – Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendukung penuh langkah Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam melakukan penataan jalan yang kerap menimbulkan kemacetan dan kesemerawutan.

“Kita mendukung apa yang menjadi keinginan Pemerintah Kabupaten Bekasi terutama dalam melakukan penataan jalan yang kerap menimbulkan kemacetan juga kesemerawutan,” kata Abdurofiq kepada Beritaekspres.com, Jumat (14/12/2018).

Pihaknya di sini sambung Abdurofiq, hanya menata bukan menertibkan dari yang selama ini berjualan di jalanan dipindahkan ke tempat yang lebih layak. “Pihaknya akan terfokus dahulu di jalan ini, karena jalan ini sangat ramai lalu lintas sehingga bagaimana masyarakat bisa nyaman,” ungkapnya.

Dinas Perdagangan lanjutnya, sudah membuat tempat penampungan sementara untuk para pedagang di dua lokasi diantaranya Pasar Cikarang dan di Jalan Tumarintis. “Insya Allah tempat yang disediakan untuk penampungan para pedagang bisa menampung semuanya di dua lokasi tadi,” kata dia.

Kedepan tambah, Abdurofiq pihaknya, akan melakukan koordinasi lintas sektoral karena persoalan ini bukan hanya jadi kewenangan Dinas Perdagangan sendiri, tetapi melainkan harus dilakukan secara bersamaan jika ingin menata itu dengan baik,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Hudaya mengatakan, bahwa kegiatan hari ini sebagaimana Peraturan Daerah (Perda) No.4 tahun 2012 tentang Ketertiban Umum (Tribum) termasuk di dalamnya Pedagang Kaki Lima (K5) yang berdagang menggunakan badan jalan.

“Jalan di depan pasar Cikarang ini cukup luas, karena adanya pedagang yang tumpah kejalan akhirnya membuat jalan menjadi macet dan tersendat-sendat,” ujarnya.

Kegiatan ini juga merupakan keinginan dari Pimpinan (Plt Bupati Bekasi) yang ingin mengubah wajah pasar Cikarang untuk lebih menjadi tertib. Maka dari itu, Satpol PP melakukan itu tidak serta merta sekaligus, tetapi melakukannya secara berlahan.

“Kita akan lakukan patroli dan monitoring terhadap keberadaan PKL yang ada di sini untuk kedepan dan seterusnya,” pungkas Hudaya.

Kegiatan ini dilakukan secara bersamaa diantaranya, Satpol PP sebanyak 100 personel, DLH 150 pesapon, Polisi 70 personel, Dishub 20 personel. (Mul)

Biro Kabupaten Bekasi