Menpan RB, Syarifuddin: Aparatur Sipil Negara Diminta Netral

0
55
Sumber: Beritasatu.com

BERITA JAKARTAMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap netral pada Pemilu 2019. Syafruddin minta ASN tetap fokus pada tugas-tugas melayani kepentingan publik.

“Kita harus tetap netral, bebas dari segala kepentingan politik dan fokus melaksanakan tugas-tugas sesuai amanah yang kita emban,” ujar Syafruddin pada acara Refleksi Kementerian PAN dan RB 2018 dan Resolusi 2019 di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Syafruddin mengakui bahwa Pemilu 2019 bisa mengganggu ritme kerja ASN di semua tingkatan. Namun, Syafruddin minta ASN tidak terpengaruh dengan berbagai aktivitas politik.

“Kita harus memusatkan perhatian dan mengarahkan segala sumber yang kita miliki untuk menyelesaikan target-target yang telah ditetapkan untuk jangka waktu lima tahun ini,” kata Syafruddin.

ASN, kata Syafruddin, memang tetap mempunyai hak politik untuk bisa memilih dalam pemilu. Namun, ASN dilarang berpolitik praktis atau terlibat mengampanyekan pasangan calon tertentu.

“Itu bedanya ASN dengan TNI-Polri yang sama sekali tidak mempunyai hak memilih. Mereka benar-benar netral. Tetapi kalau ASN tetap mempunyai hak politik. Karena itu, sikap dan tingkah laku ASN tetap harus dijaga, harus bijaksana. Kalau semua ASN ikut politik praktis, runtuh negara ini,” kata Syafruddin.

Pada kesempatan itu, Syafruddin mewajibkan ASN mampu memilih, memilah, dan memprioritaskan kegiatan yang strategis agar seluruh sumber daya dapat dimanfaatkan secara cermat, efektif, dan efisien.

“Selain fokus dan cerdas, pekerjaan ASN juga harus tuntas. Pasalnya, tahun 2019 merupakan akhir dari masa bakti Kabinet Kerja 2015 -2019,” tutur Syafruddin. (BR-1)