Polisi Himbau Awasi Anak Dari Penyalahgunaan Obat Terlarang

0
9
Polda Metro Jaya

BERITA JAKARTA – Polisi meminta para orang tua dan masyarakat untuk mengawasi anak-anak usia sekolah agar tidak membeli dan mengonsumsi obat-obatan yang masuk dalam daftar G. Penggunaan obat daftar G tanpa resep dokter sangat membahayakan bagi anak-anak. Pesan itu disampaikan, Kabid Humas Polda Metro Jaya (PMJ), Kombes Pol. Argo Yuwono, Kamis (7/2/2019).

“Para orang tua yang anaknya masih duduk dibangku sekolah untuk benar-benar mengawasi anak-anaknya agar tidak sampai terlibat dalam penyalahgunaan narkotika, khususnya obat-obatan daftar G,” kata Argo.

Misalnya sambung Argo, anak dikasih uang jajan tolong dicek apakah uang itu dipakai untuk jajan atau beli obat seperti itu. Bermainnya juga di tempat apa? dan dimana? mohon diawasi jangan sampai anaknya ikut terjerumus.

Dikatakan Argo, penggunaan obat daftar G tanpa disertai resep dokter bisa membuat seseorang memiliki ketergantungan hingga mengarah ke narkotika. Selain itu, polisi pun meminta agar media massa pun menyampaikannya sehingga masyarakat pun menjadi teredukasi.

“Begitu juga masyarakat, kan ada pranata-pranata sosial, seperti RT, RW dan Lurah. Jadi ada suatu kepedulian, misalnya menemukan informasi langsung sampaikan ke polisi,” tegasnya.

Dengan begitu tambah Argo, proses pemberantasan narkotika dan obat-obatan terlarang bisa dilakukan dengan baik, karena saat ini teknologi semakin berkembang yang mana penjualan pun bisa dilakukan secara bebas melalui media online.

“Kita juga komunikasi denga Dinas Kesehatan, bila ditemukan pelanggaran pasti akan dicabut izinnya,” pungkasnya. (Yon)