Pemkot Jakut Gelar Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa

0
87

BERITA JAKARTA – Pemerintah Kota Adminsitrasi Jakarta Utara, menggelar pelatihan pengadaan barang dan jasa di Balai Yos Sudarso kantor wali kota. Kegiatan yang diikuti pejabat pengadaan dari tingkat kelurahan hingga kota ini dilaksanakan sejak Rabu (27/2) hingga Kamis (28/2/2019).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Manson Sinaga mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar para pejabat terkait dapat melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pendidikan dan pelatihan ini sangat penting, karena merupakan salah satu syarat untuk memperoleh sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa,” ujarnya, Kamis (28/2/2019).

Dengan memiliki sertifikat keahlian itu, jelas Manson, pengelola anggaran di UKPD dan SKPD bisa melaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai dengan aturan dan jadwal waktu yang ditentukan.

Menurut Manson, salah satu faktor penyebab tidak terealisasinya kegiatan atau anggaran yang dialokasikan di UKPD dan SKPD selama ini karena prosedurnya kurang efisien. Sehingga, batas waktu pengadaan barang dan jasa tidak memenuhi syarat untuk dilaksanakan pada saat tahun anggaran berjalan.

“Setiap peserta akan dievaluasi dan menjalankan ujian untuk memperoleh sertifikat keahlian pengadaan barang dan jasa,” tandasnya. (BJ/Budhi Firmansyah)