Senin Depan, 11 Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Disidang Tipikor

0
109
Jaksa KPK, I Wayan Riayana

BERITA BANDUNG – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pekan depan, Senin 1 April 2019 akan menghadirkan Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi dalam persidangan perkara suap perizinan proyek Meikarta.

“Sudah kita jadwalkan 20 orang Anggota DPRD itu dipanggil ke persidangan Tipikor pada Senin 1 April 2019 dan terbagi menjadi dua sesi. Untuk Senin depan 11 orang, termasuk pimpinan DPRDnya,” jelas I Wayan Riayana kepada Beritaekspres.com, Rabu (27/3/2019) usai persidangan.

Kemungkinan sambung Wayan, pimpinan DPRD dulu yang bakal dihadirkan dalam persidangan. Setelah itu, baru pihak-pihak lain untuk di dengarkan keterangannya berkaitan suap perizinan proyek Meikarta.

“Intinya, para Anggota Dewan itu akan ditanya soal dugaan aliran uang terkait proyek Meikarta yang digunakan untuk jalan-jalan ke luar negeri,” ungkapnya.

Diungkapkan Wayan, memang sebelumnya ada Anggota Dewan yang telah mengembalikan uang ke KPK, karena diduga menerima fasilitas bepergian ke luar negeri yakni, Thailand.

“Nantinya, dalam pemeriksaan itu, kita juga akan menghadirkan satu orang saksi dari pegawai biro perjalanan yaitu pihak Travel,” tandasnya.

Sebelumnya, KPK pernah menyampaikan adanya pengembalian uang dari Anggota Dewan yang totalnya mencapai Rp180 juta.

KPK menduga, sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Bekasi itu menerima fasilitas wisata bersama keluarganya ke Thailand.

Fasilitas itu diduga KPK terkait pembahasan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di DPRD Kabupaten Bekasi yang masih terkait kepentingan Meikarta.(Mul)