KPU Bakal Cek Keaslian Temuan Ribuan C1 di Menteng

0
105
Hasyim Asyari

BERITA JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari menanggapi temuan ribuan formulir C1 di Menteng, Jakarta Pusat, yang diduga menguntungkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Menurut Hasyim, formulir C1 ini harus dipastikan keasliannya, apakah betul diterbitkan KPU atau bukan. Pihak yang berwenang untuk melakukan pengecekan keaslian formulir C1 adalah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kalau ada dokumen seperti itu, itu betul dokumen yang sumbernya dari KPU atau tidak, asli atau tidak,” kata Hasyim di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Diungkapkan Hasyim, formulir C1 yang dipegang jajaran KPU dibubuhi hologram. Formulir C1 ini disebut juga C1 master. Sementara, formulir C1 yang dipegang oleh saksi dan panitia pengawas merupakan C1 salinanan dalam bentuk lembar fotokopi.

“Jika formulir C1 yang ditemukan terbukti palsu, maka hal tersebut bisa disebut sebagai pemalsuan dokumen Pemilu. iItu bisa masuk kategori kejahatan Pemilu ya kalau memang dokumennya dokumen palsu,” tegasnya.

Selain mengecek keaslian kata Hasyim, harus dilihat pula substansi yang tertuang dalam berita acara formulir C1 tersebut. Apakah angka-angka yang terhitung atau tertulis di situ itu sama tidak dengan proses yang ada di penghitungan di TPS maupun di PPK secara berjenjang.

“Kalau angka-angkanya tidak sesuai ini kan berarti beda dengan produk KPU atau produk dalam proses Pemilu yang resmi. Dari hasil penyelidikan tersebut, Bawaslu selanjutnya akan membuat kesimpulan sekaligus memberikan rekomendasi kepada KPU,” imbuhnya.

Sebelumnya, ribuan formulir C1 salinan ditemukan di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat ketika Kepolisian tengah melakukan operasi dan memberhentikan sebuah mobil Daihastu Sigra yang kedapatan membawa dua kardus. Diluar kardus ada tulisan C1 Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. (Stave)