Tambah 81 CCTV, Kapolda Metro Dukung e-TLE Kurangi Pelanggaran

0
77

BERITA JAKARTA – Kapolda Metro Jaya (PMJ), Irjen Pol. Gatot Edy Pramono mengungkapkan dengan adanya sistem kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) akan meminimalisir pelanggaran lalu lintas dan angka kecelakaan hingga 40 persen.

“Salah satunya, fungsi e-TLE untuk meminimalisir pelanggaran lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan hingga 40 persen dan merubah perilaku masyarakat agar tertib berlalu lintas,” ujar Gatot kepada awak media di Mapolda Metro Jaya, Jumat (2/8/2019).

Menurutnya, dengan penerapan dan pemasangan e-TLE akan mengurangi jumlah anggota yang bertugas dilapangan. Hal ini, bahkan membuat berkurangnya angka pungli oleh oknum tertentu.

“Karena kurangnya sentuhan antar pelanggar dengan anggota akan merubah sikap anggota dilapangan. Anggota tidak akan melakukan pungli. Misalnya ada oknum yang mencari-cari kesalahan, akan terekam oleh e-TLE,” jelas Kapolda.

Sistem e-TLE ini diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat dalam tertib berlalu lintas dan terus disosialisasikan kepada masyarakat. Disamping itu, angka kecelakaan lalu lintas akibat pelanggaran lalu lintas juga diharapkan berkurang.

“e-TLE juga akan berguna untuk merubah perilaku masyarakat. Dengan adanya kamera-kamera ini diharapkan masyarakat menjadi tertib, tidak melanggar, mengurangi sentuhan langsung antara petugas polisi dan masyarakat. Selama penerapan e-TLE sudah menindak lebih 15 ribu pelanggar,” pungkasnya. (Yon)