Kubu Raya Perkuat UMKM Lewat Pasar Digital

0
65

BERITA KUBU RAYA – Bupati Muda Mahendrawan menghadiri kegiatan Seminar Business Development Service 2019 di Aula Balai Diklat Keuangan Pontianak, Jalan Arteri Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Selasa (28/8/2019).

Seminar digelar Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mempawah sebagai upaya bersama membuka peluang dan memperkuat struktur ekonomi masyarakat melalui penambahan dan perluasan sebaran pelaku usaha.

“Ini searah dan sejalan dengan pemikiran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang juga berupaya melakukan langkah percepatan di sektor Usaha Kecil Mikro Menengah atau UMKM,” kata Bupati Muda mengapresiasi kegiatan.

Muda mengatakan, kegiatan seminar sangat strategis karena memberikan pemahaman akan peluang yang ada di Kubu Raya. Termasuk peluang dari sisi geografis dan demografis.

“Geografis di Kubu Raya mempunyai peluang besar, dengan penduduknya yang cukup besar serta pasar yang memiliki peluang yang juga besar. Karena Kubu Raya yang berada di hinterland Kota Pontianak,” terang Muda.

Muda mengatakan, Kabupaten Kubu Raya telah membuat program untuk memperkuat usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) sebagai langkah pemberdayaan masyarakat di desa-desa. Caranya dengan  memanfaatkan pasar digital dan dalam jaringan (online) yang saat ini marak.

“Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga menunjukkan dan berkomitmen melalui ASN, dengan menjadi public relation atau humas bagi produk UMKM di Kubu Raya,” tambahnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan mengapresiasi kegiatan seminar. Menurut dia, kegiatan yang bersifat pembinaan terhadap pelaku UMKM baik produk makanan maupun kerajinan memang sangat diperlukan di Kubu Raya.

“Dekranasda bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan akan terus berupaya melakukan pembinaan dan membantu pengrajin serta pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produknya,” kata Rosalina.

Membantu para pelaku usaha dalam pemasaran produk, Rosalina mengungkapkan pihaknya baru mampu menjangkau pelaku UMKM di kecamatan terdekat. Dirinya berharap pemerintah daerah dapat terus membantu Dekranasda sehingga ke depan mampu melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha di setiap kecamatan di Kubu Raya.

“Setiap kecamatan di Kubu Raya ibu-ibunya sangat antusias pada usaha kerajinan dan UMKM. Mudah-mudahan ke depannya Dekranasda dapat menjangkau kegiatan yang lebih jauh lagi,” harapnya. (As)

Biro Kalimantan Barat