Tangkal Hoax, Dosen Bhayangkara Jakarta Raya Gelar Sosialisasi Media Sosial

0
116
Allan D Alexander, ST, M. Kom

BERITA BEKASI – Kader PKK Kecamatan Mustika Jaya, Kota Beksi, mendapatkan penyuluhan bertajuk “Penyuluhan Penggunaan Teknologi Informasi Tepat Guna di Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi” dari Tim Dosen Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang di Ketuai, Ratna Salkiawati, ST, M. Kom bersama Hendarman, S. Kom, M. Kom dan Allan D Alexander, ST, M. Kom, Jumat (23/8/2019) lalu.

Kepada Beritaekspres.com, Allan mengatakan, kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari tugas wajib yang harus dilakukan oleh dosen dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi dan juga menjadi salah satu rangkaian acara dalam merayakan hari Kemerdekaan RI ke-74 diwilayah Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi.

“Penyuluhan ini, merupakan kegiatan yang ketiga kalinya dilakukan Tim Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya di wilayah Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi,” terangnya, Rabu (28/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Allan. D. Alexander menjelaskan, bahwa media sosial pada dasarnya memiliki banyak manfaat diataranya, dapat membuka wawasan bagi penggunanya, dapat menjadi media penyambung tali silaturahim dan yang lebih penting lagi, dapat meningkatkan pendapatan secara ekonomi bagi penggunannya.

“Namun, bagaikan pisau ditangan yang salah media sosial bisa juga disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan tertentu seperti, penipuan yang akan menggakibatkan kerugian secara ekonomi, penyebaran berita palsu yang biasa diistilahkan HOAX,” jelasnya.

Menurutnya, ada potensi para peserta dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu dalam menyebarkan HOAX, hal terebut biasa terjadi karena para pelaku akan memanfaatkan tingkat emosional pengguna dengan menggunakan judul berita yang provokatif sehingga penyebar berita tersebut dapat berurusan dengan pihak berwajib karen melanggar UU ITE.

Melalui penyuluhan ini tambah Allan, Tim Dosen Teknik Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya memberikan kiat-kita menghidari HOAX dan salah satu caranya adalah pengguna media sosial diajak untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang didapat dan harus mengkonfirmasi kebenaran berita dengan cara mencari keaslian berita yang didapat.

“Dengan cara ini maka diharapkan peserta penyuluhan tersebut akan terhindar dari masalah hukum akibat penyebaran HOAX. Kita juga jelaskan, pula bahwa media sosial biasa digunakan menjadi wadah promosi, sehingga akan meningkatkan perekonomian Kader PKK Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi,” pungkasnya. (Edo)