Parlemen Modern, Rukma: Kita Pertama di Indonesia

0
140

BERITA SEMARANG – Terkait transformasi Palemen Modern, menurut Ketua DPRD Jateng, Dr. Rukma Setyabudi sudah digulirkan sejak tahun 2014 saat dirinya baru menjabat dua tahun sebagai Ketua Dewan. Apalagi, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat hal itu suatu keniscayaan untuk tidak diabaikan.

Demikian disampaikan Rukma saat diskusi Prime Topik Trijaya FM yang bertema ‘Transformasi Parlemen Modern’ yang digelar di Gets Hotel Semarang, Senin (2/9/2019).

“Awalnya kita ngobrol bersama teman-teman, Parlemen kita yang selama ini kesannya tertutup, tidak aspiratif, dan kurang sensitif terhadap kebutuhan dan keinginan masyarakat harus kita perbaiki bersama-sama agar lebih baik,” kata Rukma.

Menurut Rukma, menjadi modern itu tak lepas dari teknologi dan informasi yang berkembang saat ini. Hal itu yang mendorong semua anggota dewan untuk menggunakannya semaksimal mungkin untuk kepentingan seluas-luasnya, demi masyarakat sekaligus perbaikan Parlemen.

“Namun kita harus menerima konsekwensinya, yakni kita harus lebih terbuka, harus aspiratif, kredibel dan akuntabel. Semua yang kita putuskan, masyarakat harus bisa melihat. Inilah yang kita harapkan agar bisa menjadi parlemen yang modern. Jateng yang pertama di Indonesia,” tandasnya.

Untuk akhir tahun ini, dirinya mengaku mendapatkan tujuh penghargaan di tingkat Nasional, yang juga datang dari Komisi Pemberantasa Korupsi ( KPK) .

Yang paling membanggakan, lanjut Rukma, KPK memberikan penghargaan kepada Jawa Tengah, satu-satunya Provinsi se-Indonesia. (Nining)

 

Biro Semarang