Latsar CPNS Angkatan 2019 Menuju SDM Pasti Unggul

0
312

BERITA SEMARANG – Sebanyak 100 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM angkatan 2018 mengikuti pelatihan dasar (Latsar) yang diselenggarakan Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah di Pusdiklat PMI Jawa Tengah,  Senin (2/9/2019).

Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo berpesan agar peserta Latsar dapat menjaga sikap dan kedisiplinan selama berada di lingkungan Latsar. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Sutrisman, melalui Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Novita Ilmaris, mengucapkan selamat datang kepada 100 peserta Latsar yang berasal dari wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Dikatakan bahwa pelatihan dasar CPNS dilaksanakan secara khusus untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional yang mampu menunjukkan sikap disiplin, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

“Dalam perbaikan tata kelola pemerintah yang baik (Good Governance) dibutuhkan terbentuknya karakter dan mindset aparatur negara yang handal dan professional, sehingga mampu menciptakan iklim birokrasi yang bermutu dan mengedepankan kepentingan public,” ungkapnya.

Sutrisman berharap peserta dapat mengikuti diklat dengan penuh dedikasi dan kesungguhan karena kerja keras dan kesungguhan akan menjadi bukti pengabdian kepada bangsa dan Negara, serta dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Kementerian Hukum dan HAM.

“Laksanakanlah Latsar ini dengan penuh suka cita. Tunjukkan bahwa anda adalah orang-orang yang terpilih,” tegasnya.

Sementara Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM, Hantor Situmorang mengatakan, peserta Latsar CPNS angkatan 2018 yang berasal dari generasi milenial dan generasi Z merupakan harapan bangsa ini.

“Generasi saat ini tidak boleh hanya berpikir secara linear tetapi juga harus berpikir secara komprehensif dalam menjalankan tugas sebagai PNS, karena era ini adalah era yang bergerak sangat cepat,” terangnya.

Generasi milenial dan generasi Z adalah generasi yang ditandai dengan hadirnya revolusi di bidang internet, artificial intelligence, dan lain-lain. Selain literasi informasi, literasi data dan literasi SDM juga sangat penting dalam pengambilan kebijakan dan keputusan pimpinan. Dewasa ini manajemen SDM Kementerian Hukum dan HAM membutuhkan mereka yang memiliki literasi data.

Hantor Situmorang berharap ada komitmen yang muncul dari hasil latihan yang diikuti oleh peserta, dan dapat menjadi gambaran sikap dan perilaku dalam menjalankan tugas sesuai dengan tagline Latsar Angkatan 2019 kali ini menuju SDM pasti unggul yang berisi harapan supaya Latsar ini dapat menghasilkan PNS yang mumpuni. (Nining)

 

Biro Semarang