Bimbingan Awak Poskamling Polres Sekadau Kalbar

0
58

BERITA SEKADAU – Polda Kalimantan Barat bekerjasama dengan Polres Sekadau, Pemprov Kalbar dan Pemkab Sekadau adakan kegiatan Bimbingan Awak Poskamling Polres Sekadau dalam rangka optimalisasi Siskamling guna mendukung desa mandiri dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah Kalimantan Barat. Kegiatan bertempat di Aula salah satu Hotel di Sekadau, Kamis (5/12/2019) pagi.

Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala SIK dalam sambutannya mengatakan, Kamtibmas adalah salah satu faktor pendukung pembangunan desa mandiri.

“Polri tidak bisa bekerja sendiri. Maka, kami bekerjasama dengan Pemda setempat, TNI dan instansi terkait. Kita sebagai penegak hukum, melalui Pemda sepakat menjaga Kamtinmas. Salah satunya, pembangunan Poskamling untuk keamanan ketertiban bersama,” jelasnya.

Kami TNI-Polri sambung Marupa Sagala, Pemerintah Provinsi yakni Gubernur dan Pemerintah Pusat menggandeng masyarakat untuk menciptakan keamanan ketertiban bersama.

“Kami meminta dukungan kepada seluruh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama untuk berperan sehingga keamanan bisa kita capai bersama,” katanya.

Dengan kegiatan ini, Kapolres Sekadau berharap kepada peserta, apabila kembalinya nanti ke masyarakat supaya berbuat dan melakukan apa yang bisa dilakukan dalam terciptanya desa mandiri tersebut.

Sementara, Wadir Binmas Polda Kalbar, AKBP Drs. M Nasir S. ST, MK yang sekaligus membuka acara secara mengatakan, kegiatan ini adalah amanah Gubernur Kalbar untuk mencanangkan dan untuk mempercepat program desa mandiri. “Di Kalimantan Barat ini ada 87 desa mandiri,” jelasnya.

AKBP M Nasir juga mengatakan, ada 3 dimensi dalam mendukung desa mandiri. Pertama adalah sosial, kedua ekonomi dan ketiga ekologi. Sedangkan, Indikator untuk mendukung desa mandiri adalah, Poskamling , Siskamling dan penanganan konfliks untuk masalah keamanan.

Ia menyebut, Polda Kalbar mendukung dimensi ketahanan ekologi, masalah lingkungan, potensi bencana dan tanggap bencana. Kegiatan selanjutnya yakni, penyampaian materi oleh Wadir Binmas Polda Kalbar, AKBP Drs. M Nasir S. ST, MK.

Peserta diikuti oleh, Bupati Sekadau diwakili oleh Staff Ahli Bupati, Perwakilan Dandim 1204 Sanggau, Kapolsek, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala desa dan Awak Poskamling. (As)

Biro Kalimantan Barat