Mahasiswa USM Kreasikan Makanan Tradisional Jawa Tengah

0
100
Mahasiswa USM

BERITA SEMARANG – Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan inovasi pada makanan-makanan tradisional yang berasal dari, Jawa Tengah. 

Berbagai hasil inovasi olahan kuliner tradisional Jawa Tengah dihadirkan di stand-stand festival kuliner dalam acara Komfest 2019 yang digelar di Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Minggu (8/12/2019) kemarin.

Kepada Beritaekspres.com, Ketua Karesidenan Jateng, Chusni Nurlaili mengatakan, stand-stand makanan dalam acara tersebut merepresentasikan karesidenan yang ada di Jawa Tengah diantaranya Karesidenan Jateng, Karesidenan Pati, Karesidenan Semarang, Karesidenan Surakarta, Karesidenan Pekalongan, Karesidenan Banyumas, dan Karesidenan Kedu. 

Menurutnya, salah satu kuliner yang diinovasi adalah Sego Pager, makanan khas dari Grobogan, Jawa Tengah. Karesidenan Jateng menginovasinan Sego Pager dari yang biasanya seperti nasi pecel menjadi bola-bola Sego Pager yang dibalut dengan serundeng. Lalu ditambah dengan peyek dan sambel kacang serta dikemas dalam rice bowl.

“Banyak masyarakat terutama anak-anak muda yang tidak tahu makanan khas Jawa Tengah, contohnya Sego Pager. Jadi Sego Pager yang biasanya seperti nasi pecel biasa, kami inovasi dari tampilan maupun kemasannya menjadi lebih kekinian sehingga menarik perhatian masyarakat. Meski diinovasi, tapi kami tetap menjadi kualitas dan rasanyam,” ungkap Chusni.

Salah satu pengunjung, Maesaroh tampak antusias mencicipi makanan inovasi yang dijual di stand tersebut. “Kreatif dan unik menurut saya. Anak-anak muda yang melestarikan dan mengkreasikan makanan tradisional menjadi unik dan kekinian,” ujar Maesaroh.

Dengan terselenggarakannya acara tersebut diharapkan masyarakat dapat semakin mengenal, mencintai, dan melestarikan makanan tradisional Jawa Tengah. (Nining)

Biro Semarang