Pelaku Persekusi 2 Anggota Banser NU Dibekuk Polres Jaksel

0
108
Polres Jaksel

BERITA JAKARTA – Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan berhasil membekuk pelaku intimidasi dan persekusi anggota Banser NU, Depok, Jawa Barat, di Kawasan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (12/12/2019) pukul 15:00 WIB sore. Pelaku berinisial H ditangkap ditempat persembunyianya di Kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Pol Bastoni Purnama didampingi Kasatreskrim, Kompol Andi Sinjaya menerangkan, dari pengakuan tersangka, motif pelaku melakukan persekusi, karena pelaku kesal, lantaran di jalan bersenggolan dengan kedua korban, sehingga pelaku mengejar kedua korban sampai di Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

“Berdasarkan keterangan pelaku diawali berpapasan atau bersenggolan dengan korban, kemudian pelaku merasa kesal dan membuntuti. Sampai di TKP kemudian pelaku melakukan atau mengitimidasi dan pengancaman dengan kata-kata yang tidak perlu,” kata Bastoni.

Bastoni juga menerangkan, saat itu pelaku sempat mengira kedua korban merupakan personel TNI. Setelah dibuntuti dan memastikan kedua korban bukan anggota TNI, pelaku pun memberhentikan korban dan melakukan persekusi.

“Pelaku mengira, karena yang dikejar berpakain loreng dikira tentara, pelaku sempat takut. Tapi setelah dilihat bukan, jadinya berani melakukan hal itu (persekusi),” ujarnya.

Sementara itu, pelaku H menyesali perbuatannya yang dilakukan hingga viral. “Saya menyesali atas perbuatan tersebut karena faktor keadaan emosi. Permintaan maaf saya terutama kepada masyarakat dan juga warga NU para ulama mohon maaf dan saudara-saudara Banser dan GP Ansor,” ucap H.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Bastoni Purnama mengatakan, pelaku ditangkap disebuah padepokan di Kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat sekira pukul 15.00 WIB pada Kamis 12 Desember 2019.

“H terancam dijerat dengan Pasal 310 KUHP, 311 KUHP dan Pasal 335 tentang perbuatan tidak menyenangkan dan UU ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara,” pungkasnya. (Yon)