Jelang Pilkada 2020, Tiga Daerah di Jateng Ajukan Calon Perseorangan

0
95

BERITA SEMARANG – Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, ada 3 daerah di Jawa Tengah yang mengajukan calon perseorangan. Hal itu, diungkapkan Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jateng, Diana Arianti kepada awak media di Semarang, Kamis (19/12/2019).

Ketiga daerah tersebut adalah Kota Semarang, Kabupaten Kendal, dan Demak. “Sudah ada beberapa utusan dari daerah tersebut yang mendatangi KPU guna berkonsultasi terkait pengajuan syarat calon perseorangan,” terang dia.

Dijelaskannya, ada penghubung dari perwakilan calon yang berkonsultasi, mereka meminta ikut bimtek bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar dari jalur perseorangan.

Dan peluang calon perseorangan untuk lolos syarat yang ditentukan KPU bisa terbuka lebar. Pihaknya juga mempersilahkan Kabupaten/Kota lainnya untuk mengajukan calon perseorangan untuk meramaikan kontestasi Pilkada 2020.

“Dari 21 Kabupaten/Kota, saat ini baru 17 daerah yang telah melaunching sebagai peserta Pilkada. Sementara 4 daerah lainnya mulai Kota Magelang, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri baru akan melaksanakan launching Pilkada pada awal Januari 2020,” tuturnya.

Menururnya, sudah 80 persen daerah yang meresmikan pelaksanaan Pilkada. KPU Jateng akan mengalokasikan anggaran untuk Pilkada 2020 mencapai Rp687 miliar yang diperoleh dari Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang dikucurkan tiap Kabupaten/Kota. Sementara untuk pembentukan petugas adhoc dijadwalkan pada 1 Januari sampai 29 April 2020. (Nining)

Biro Semarang