39 Warga Dua Kecamatan di Asahan Sumut Idap HIV AIDS

0
43
Nurdin

BERITA ASAHAN – Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Asahan, selama tahun 2019 setidaknya terdapat 39 orang yang menderita HIV AIDS di 2 Kecamatan yakni, Kecamatan Tinggi Raja dan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Sumatera Utara.

Untuk Kecamatan Bandar Pasir Mandoge selama tahun 2019 ada sebanyak 30 orang yang terkena HIV AIDS. Sedangkan Kecamatan Tinggi Raja berjumlah 9 orang.

“Sesuai data yang ada, 30 orang warga Kecamatan Bandar Pasir Mandoge terdiri dari 23 pria dan 7 wanita. Sedangkan di Kecamatan Tinggi Raja, 7 pria dan 2 wanita,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Nurdin, saat dihubungi Beritaekspres.com, Minggu (19/1/2020).

Untuk itu, kata Nurdin, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap para penderita HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Asahan. Dalam pencegahannya, pihaknya akan terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui Puskesmas-Puskesmas yang ada.

Nurdin juga menjelaskan, virus HIV itu adalah virus yang menyebabkan AIDS dan prosesnya cukup panjang antara 3 – 10 tahun.

Semakin banyak diketahui orang pengidap HIV itu semakin baik, karena bisa memberikan pertolongan untuk memberikan pengobatan.

“Kita berharap agar masyarakat Asahan bisa menjahui hubungan sesama jenis, dan tidak mengkonsumsi narkoba. Karena hal tersebut, merupakan salah satu yang menjadi penyebab tertularnya penyakit yang mematikan tersebut,” pungkasnya. (Rio)