Oknum DPRD Merangin Jambi Jadi Beking Tambang Emas Ilegal

0
101
Ilustrasi

BERITA JAMBI – Pejabat publik seharusnya menjadi contoh yang baik serta menjalankan pungsinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), bukan malah ikut terlibat atau membekingi usaha – usaha illegal yang berpotensi merugikan negara dan merusak lingkungan.

EKF, oknum DPRD Kabupaten Merangin asal Kecamatan Muara Siau, Jambi, disebut ikut terlibat bermain Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang sampai saat ini aktif beroperasi. Aktivitas penambangan liar tersebut, mulai menuai protes warga sekitar.

Wakil Rakyat, EKF disebut-sebut sudah bermain PETI sejak 2017 lalu yang menguasai Wilayah Muara Siau dan sekitarnya. Warga pun, berharap aktivitas penambangan illegal tersebut menjadi perhatian dari pihak terkait untuk segera ditindaklanjuti.

“Dulu aktivitas PETI-nya di Kawasan Sungai Landur, Muara Siau. Sekarang sudah merambah ke Sungai Arau, Rantau Panjang,” ungkap RA, sumber yang minta identitasnya dirahasiakan dikutif dari laman bacajambi.id, Senin (20/1/2020).

RA juga mengungkapkan, bahwa EKP, merupakan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Anggota Dewan aktif di Kabupaten Merangin. Setiap harinya, 2 unit alat berat terus melakukan pengerukan dilokasi tambang tersebut.

“Ya, kita berharap ini menjadi bahan perhatian bagi instansi atau pihak terkait seperti aparat kepolisian untuk segera menindaklanjuti. Terlebih lagi kegiatan illegal yang merugikan dan berdampak merusak lingkungan,” pungkasnya. (CR-2)