1.881 Peserta CPNS Kejati Jateng Ikuti Tes SKD Sistem CAT

0
166
CPNS Semarang

BERITA SEMARANG – Sebanyak 1.885 peserta terdaftar menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS di wilayah Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng. Dari jumlah tersebut, 4 orang diantaranya layak dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) secara otomatis.

Demikian disampaikan Asisten Pembinaan (Asbin) Kejati Jateng, selaku Sekretaris Panitia Seleksi CPNS Tingkat Kejati Jateng, RD. Mohammad Teguh Darmawan usai meninjau lokasi CAT, Selasa (18/2/2020).

Menurutnya, ke-4 peserta tersebut masuk dalam kategori P1 TL sesuai kebijakan Pemerintah.

“Ada kebijakan P1 TL yang artinya peserta yang tahun 2018 pernah tes tetapi dinyatakan gagal, namun nilai CAT nya lebih dari passing grade pada saat itu, kebijakan Pemerintah saat ini yang bersangkutan boleh ikut lagi tanpa tes CAT,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa para peserta yang masuk kategori P1 TL diperbolehkan tidak ikut tes CAT sekarang asalkan dia menggunakan hasil tes tahun lalu. Akan tetapi yang bersangkutan juga bisa ikut tes CAT tahun ini, namun nilainya berarti yang dipakai hasil tes tahun ini.

“Untung Jateng ke 4 nya memilih tidak ikut tes tahun ini dan menggunakan hasil tes tahun lalu,” ujarnya.

Adapun ke 1.881 peserta ujian CPNS  di Kejati Jateng yang telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi itu kini mengikuti ujian tes seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) yang digelar pada 17-21 Februari 2020 di hotel UTC Jalan Kelud No.2 Gajah Mungkur, Kota Semarang.

Tes CPNS sendiri dibagi dalam 4 sesi mengingat banyaknya peserta yang mengikuti ujian tersebut.

“Satu kali sesi dikuti 95 peserta. Tes dilaksanakan di hotel UTC jalan Gajah Mungkur mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Sekali sesi sekitar 1 jam 30 menit,” katanya. 

Setelah tes digelar, lanjut dia, akan ada pengumuman. Sehingga, peserta yang dinyatakan lolos tes SKD dapat maju dalam penjaringan tahap selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

“Beberapa hal yang diantisipasi bahwa tes CAT ini adalah tes yang benar-benar nyata, karena hasilnya langsung terpampang,” pungkasnya. (Nining)

Biro Semarang