Rumpun Bambu di Brebes Tutup Akses Antar Pedesaan

0
22

BERITA BREBES – Bencana alam berupa tebing longsor terjadi di wilayah Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sehingga menutup total akses antar pedesaan yaitu Desa Linggapura menuju Tajurmanis, Kamis (20/2/2020) pagi.

Kepada Beritaekspres.com, Danramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Ngadino mengatakan, bahwa tebing setinggi 3 meter yang terdapat rumpun bambu longsor karena dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Tonjong.

“Longsor terjadi pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.30 WIB, tepatnya di wilayah Dukuh Lemah Duwur RT03/RW06, Desa Linggapura, karena dipicu hujan mulai pukul 17.00-03.00 WIB,” bebernya.

Untuk volume longsor adalah sepanjang 8 meter dan lebar 4 meter. Diketahui pemilik tanah dan bambu yang mengalami longsor tersebut adalah H. Amad (75), warga asal Desa Linggapura RT01/RW02.

“Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Pihak kami membantu masyarakat setempat melaksanakan kerja bakti untuk menyingkirkan material longsoran agar jalan kembali normal untuk dilalui,” imbuh Ngadino.

Tak lupa pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang melintas agar lebih berhati-hati, terutama saat hujan turun cukup deras dan lama. Pasalnya, di sepanjang jalan wilayah Lemah Duwur terdapat tebing-tebing yang berpotensi longsor. (Aan)