Mengusung Mesin Turbo, Nissan Menantang Kemustahilan

0
77
Gloria Model 430

BERANI melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain “Menantang Kemustahilan” pada era 1970-an, industri otomotif berhadapan dengan tantangan baru untuk memenuhi tuntutan regulasi gas buang dan efisiensi bensin. Dalam konteks inilah, Nissan menghadirkan tren mesin turbo di industri otomotif Jepang, Selasa (21/7/2020).

Pada tahun 1979, Nissan meluncurkan Cedric dan Gloria model 430, sedan mewah pertama di Jepang yang dilengkapi dengan mesin turbo.

Hal yang membuat langkah ini unik adalah mesin turbo yang tak hanya menghasilkan tenaga besar dari ukurannya yang kecil, tetapi mesin tersebut juga merupakan teknologi hemat bahan bakar, sehingga Nissan berhasil mendapatkan sertifikasi Pemerintah di bawah regulasi yang ketat pada masanya.

The 2.0-litre turbocharged L20ET engine

Mesin turbo L20ET 2,0-liter pertama kali disematkan pada Nissan Cedric dan Nissan Gloria pada bulan Desember 1979, sebagai yang pertama di pasar Jepang. Inovasi inovasi perdana ini membuat Cedric dan Gloria seri 430 dinobatkan sebagai Car of The Year di Jepang pada tahun 1979.

Pada awalnya, penemuan-penemuan seperti ini terlihat mustahil hingga karyawan-karyawan Nissan berinovasi dan berhasil mewujudkannya.

Semangat untuk berinovasi hidup sampai hari ini, tercermin dari terobosan di babak baru Nissan NEXT dalam keseruan berkendara. Nissan memulai babak baru pada 15 Juli 2020.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, jasa dan komitmen kunjungi nissan.co.id dan nissan-global.com atau bisa juga mengikuti kami di Facebook, Instagram, Twitter dan LinkedIn serta menonton video terbaru kami di YouTube. (Almira)