Presiden PIF, Sumarsono: Maknai Idul Adha Ditengah Pandemi

0
290
Presiden Komunitas PIF: Sumarsono

BERITA BEKASI – Ritual penyembelihan hewan kurban menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Adha. Kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya.

Menurut Presiden Komunitas Pajero Indonesia Family (PIF), Sumarsono mengungkapkan, berkurban merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita.

“Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma,” kata Sumarsono ketika berbincang dengan Beritaekspres.com, Sabtu (1/8/2020).

Terlebih lagi, sambung Sumarsono, Ditengah pandemi wabah virus Corona atau Covid-19, sedekah akan sangat bermakna berapapun jumlah yang kita keluarkan untuk kepedulian kita dengan sesama.

“Idul Adha menandai peristiwa besar dimana terdapat tauladan yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail, dalam mematuhi perintah Allah, dimana didalamnya, terdapat nilai-nilai kepatuhan, pengorbanan dan ujian Allah kepada umatnya,” jelas Sumarsono.

Menurutnya, berkurban yang lebih penting adalah berbagi dan menolong kepada sesama, terutama dimasa pandemi wabah virus Corona atau Covid -19 ini, dimana banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan dampak dari massa sulit Covid-19.

“Kata Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam, siapa yang telah memiliki kelebihan bekalnya, maka hendaknya diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Tapi justru yang paling penting untuk berbagi, terutama untuk menolong orang-orang yang miskin,” ungkanya.

Apalagi, lanjut Sumarsono, dimasa pandemi wabah Covid-19 ini, banyak orang-orang yang hidupnya kemudian menjadi miskin dan kehilangan pekerjaan. Bersyukur, Pemerintah juga memberikan bantuan, bantuan sosial untuk menolong mereka meski memang masih banyak kekurangan terkait pemerataan bantuan karena keterbatasan kemampuan.

“Alhamdulillah, tahun ini, saya bersama keluarga, berkurban dikampung halaman di Dusun Sawit, Kelurahan Medayu, Kecamatan Suruh, Semarang, Jawa Tengah, sebagai wujud rasa syukur kita,” ucapnya.

Nanti, tambah Sumarsono, Minggu 23 Agustus 2020 melalui Komunitas Pajero Indonesia Family (PIF) akan menggelar kegiatan bhakti sosial (baksos), sunatan masal, santunan anak yatim dan duafa serta donor darah yang akan dilaksanakan dilapangan Desa Jati Raden, Jati Warna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Insya Allah, Minggu 23 Agustus 2020 mendatang kita Komunitas PIF akan menggelar baksos yakni, sunatan massal, satunan anak yatim dan dhuafa serta donor darah. Semoga niat baik kita semua diberikan kelancaran,” pungkasnya. (Indra)