Kongkow Bareng Bersama Komunitas PIF di Summarecon Bekasi

0
324
Komunitas PIF

BERITA BEKASI – Komunitas memang sudah biasa terdengar ditengah masyarakat atau sekumpulan individu yang memiliki kesamaan tujuan dan sasaran tertentu dibidang yang sesuai dengan minat atau hobby dari para anggotanya.

Hal ini, merupakan salah satu kebutuhan manusia ditengah kesibukan dalam menggeluti berbagai bidang ataupun profesi pekerjaannya masing-masing.

“Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama,” kata Presiden Pajero Indonesia Family (PIF), Sumarsono ketika kongkow bareng dengan Beritaekspres.com di Kawasan Summarecon, Kamis (6/8/2020).

Dalam komunitas manusia, sambung Sumarsono, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

“Komunitas berasal dari bahasa Latin Communitas yang berarti “kesamaan”, dalam sebuah kelompok sosial yang umumnya memiliki ketertarikan atau hobby dan habitat yang sama,” ulasnya.

Diera digital ini, lanjut Sumarsono, semakin menambah keragaman komunitas karena komunikasi antar anggota, tidak harus dilakukan secara tatap muka, namun bisa juga dilakukan lewat sebuah forum diskusi online, mailing list, blog ataupun dengan memanfaatkan layanan jejaring sosial lainnya.

“Kalau seperti sekarang ini, ketika kebetulan ada waktu, lewat komunikasi ya kita ketemu dan berkumpul ‘kongkow’ istilahnya, sambil membahas – bahas rencana kegiatan komunitas kedepan,” ungkapnya.

Lalu pertanyaannya, kata Sumarsono, apa keuntungannya jika kita bergabung dengan sebuah komunitas?. Kalau kita kutif dari berbagai sumber, Pertama Learning yakni, kesempatan belajar yang pastinya selalu terbuka luas bagi setiap anggota komunitas.

Kedua, Networking yakni, adanya kesempatan untuk memperluas jaringan dan koneksi. Dan tentunya peluang untuk mendapatkan teman-teman baru dan menambah saudara.

Selanjutnya, Sharing Experiences yakni, pengalaman adalah guru yang paling baik. Dengan bergabung kedalam komunitas akan terdapat banyak kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan anggota yang lain.

Kemudian, Job Opportunities yakni, kesempatan kerja jelas lebih terbuka, karena diawali dengan pertemanan yang terjadi didalam komunitas.

Meeting Experts yakni, semua anggota tentunya terdapat beberapa anggota yang memang sudah, termasuk kategori ahli. Keahlian dan pengalaman mereka tentunya akan dibagi juga kepada anggota komunitas yang lain.

“Yang tak kalah penting, Solutions to Problems yakni, saling membantu adalah ciri suatu komunitas. Jika kita berhadapan dengan sebuah masalah, maka anggota-anggota yang lain akan bahu membahu untuk membantu memecahkan masalah tersebut,” katanya.

Beberapa poin itu, tambah Sumarsono, sudah mewakili apa yang bisa kita dapatkan dari sebuah komunitas, namun tentu saja poin-poin tersebut hanya akan berlaku untuk komunitas yang aktif dan tentunya jika anda pun memang aktif didalam komunitas tersebut.

“Kita komunitas PIF akan selalu kompak dimana ada waktu, kadang kita selalu bertemu dan berkumpul saling bertukar pikiran menciptakan ide – ide atau kegiatan yang tentunya kegiatan yang positif. Dan yang tidak kalah penting bergaul positif sambil melepas lelah usai kesibukan pekerjaan,” pungkasnya. (Indra)

Presiden Pajero Indonesia Family (PIF) Sumarsono Contact Person: 0812 1822 2816
Alamat Sekretariat PIF Ruko AXC Summarecon Bekasi, Blok VG No.21