Siswa Darurat Kuota, Kantor Desa Simpangan Bekasi Sediakan Wifi Gratis

0
206
Desa Simpangan, Kabupaten Bekasi

BERITA BEKASI – Internet menjadi keluhan utama para orang tua siswa pada saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan pemerintah selama pandemi virus Corona atau Covid-19. Salah satunya, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Saat ini, para orang tua siswa sudah bernapas lega, karena mendapatkan bantuan koneksi wifi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Fasilitas itu, dapat digunakan anak anak mereka untuk belajar secara daring di Aula Desa Simpangan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Kami mendapat bantuan Wifi gratis dari Bupati dan Kominfo. Ini solusi terbaik buat warga kami, karena ditengah pandemi anak-anak sekolah SD, SLTP, SLTA program belajarnya daring,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Simpangan, Cecep Sholahudin kepada Beritaekspres.com, Selasa (11/8/2020).

Para siswa-siswi, lanjut Sholahudin, yang datang ke Aula Desa untuk belajar dengan koneksi wifi gratis dan wajib menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, dan menggunakan masker.

“Kalau orang tua siswa yang mampu beli kuota internet silakan di rumah. Kalau tidak mampu dapat manfaatkan wifi gratis di Aula Desa,” jelasnya.

Soal murid sekolah, sambung Sholahudin, yang tak punya handphone (HP) untuk belajar daring, Desa meminjamkan ponsel aparaturnya kepada siswa. Itu pun, dengan jumlah HP yang terbatas.

Sholahudin menambahkan, karena antusiasme yang tinggi dari para siswa. Pemerintah Desa (Pemdes) berencana memanggil guru sekolah setempat untuk mengatur jadwal agar para siswa tidak berkumpul di Aula Desa.

“Harapan kami, ini jadi solusi terbaik untuk orang tua yang kurang mampu beli kuota, dapat manfaatkan wifi gratis,” pungkasnya. (Usan)