Nyuri Uang Kotak Amal, Tukang Sol Sepatu Babak Belur Gebuki Warga

0
84
Ilustrasi

BERITA BANTEN – Seorang tukang sol sepatu jadi bulan-bulanan warga setelah ketangkap basah saat mencoba membobol kotak amal di Mushola Nurul Mubin di Kampung Sujung Ilir, Desa Sujung, Kabupaten Serang, Rabu (16/9/2020).

Dalam kondisi babak belur, tersangka Mar (45), warga Desa Domas, Kecamatan Pontang, diserahkan ke Polsek Tirtayasa Serang, Banten.

Kepada Beritaekspres.com, Kapolsek Tirtayasa AKP Hendri Dunand mengatakan, kasus pencurian kotak amal itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Pelaku, sambung Hendri, datang ke mushola dengan menggunakan sepeda ontel serta membawa kotak alat sol sepatu dan berpura-pura shalat dhuha di Mushola tersebut.

“Sepertinya tersangka pura-pura Shalat Dhuha namun warga curiga, karena pelaku di dalam Mushola cukup lama. Kemudian salah seorang warga mengintip pelaku,” katanya melalui sambungan telpon seluler.

Benar saja, lanjut Hendri, pelaku tengah berusaha membongkar kunci kotak amal tersebut dengan menggunakan obeng yang kemudian langsung disergap dan mengamankan pelaku.

“Pelaku kemudian digelandang keluar Mushala. Warga yang kesal dengan perbuatan pelaku, langsung menghakiminya dan selanjutnya menyerahkan tukang sol sepatu tersebut ke aparat kepolisian,” ungkapnya.

Dikatakan Hendri, saat pelaku diserahkan dalam keadaan luka akibat dipukulin masyarakat sekitar lingkungan Mushola Nurul Mubin. Saat ini, pelaku berikut barang bukti sudah diamankan.

Ditambahkan Hendri, berdasarkan keterangan para saksi dan pelaku, aksi pencurian kota amal itu sudah beberapa kali dilakukannya dengan alasan untuk makan. Pelaku juga diduga mengalami keterbelakangan mental.

“Pelaku sudah 2 kali melakukan pencurian kotak amal diwilayah hukum Polsek Tirtayasa. Catatan dari pihak keluarga bahwa memang pelaku kebiasaan buruknya selalu mengambil isi kotak amal di Mushola,” pungkasnya. (Yon)